Pemerintah Pusat Akhirnya Tetapkan Bangil sebagai Ibu Kota Kabupaten Pasuruan

Pasuruan (Kabarpas.com) – Setelah melalui proses berliku dan penantian yang begitu panjang. Pemerintah pusat melalui PP No 27 Tahun 2016, akhirnya menetapkan Kecamatan Bangil sebagai Ibu Kota Kabupaten Pasuruan.

Dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 27 Tahun 2016, tentang Pemindahan Ibu Kota Kabupaten Pasuruan, yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada tanggal 28 Juni 2016 disebutkan, pengesahan Bangil sebagai Ibu Kota Kabupaten Pasuruan itu, ialah atas pertimbangan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, mempercepat pertumbuhan ekonomi dan pembangunan, dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Pasuruan.

“Kecamatan Bangil sebagaimana dimaksud ditetapkan sebagai Ibu Kota Kabupaten Pasuruan,” bunyi Pasal 1 ayat (2) PP tersebut, sebagaimana dikutip Kabarpas.com dari situs setkab.go.id, Selasa (19/07/2016) siang.

Pada PP itu juga disebutkan pendanaan yang diperlukan untuk pemindahan Ibu Kota Kabupaten Pasuruan sebagaimana dimaksud, menurut PP ini, dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Pasuruan.

Selain itu, PP ini juga menegaskan, pemindahan pusat penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Kabupaten Pasuruan ke Kecamatan Bangil itu diselesaikan secara bertahap sesuai dengan ketersediaan sarana dan prasarana di Ibu Kota Kabupaten Pasuruan.

“Peraturan Pemerintah ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan,” bunyi Pasal 5 Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2016, yang telah diundangkan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly pada 29 Juni 2016.

Sementara itu, dengan ditetapkannya Kecamatan Bangil sebagai Ibu Kota Kabupaten Pasuruan, Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh masyarakat kabupaten setempat. Ucapan itu ia sampaikan melalui akun fb resmi miliknya.

“Terima kasih untuk seluruh masyarakat Kabupaten Pasuruan, sehingga untuk tahun ini, Kecamatan Bangil telah resmi ditetapkan sebagai Ibukota Kabupaten Pasuruan. Tentu saja ini menjadi kado terindah tahun ini, bersama dengan Penghargaan Adipura dan Adiwiyata Mandiri yang Insya Allah juga kita raih pada tahun ini juga.. Sekali lagi terima kasih atas kerja sama dan partisipasi semua masyarakat se-Kabupaten Pasuruan. I Love Pas,” pungkasnya. (ajo/gus).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *