Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

KABAR NUSANTARA · 6 Feb 2024 00:20 WIB ·

NU Terima Zayed Award, Gus Yahya Paparkan Konsep Ukhuwah KH Ahmad Shiddiq


NU Terima Zayed Award, Gus Yahya Paparkan Konsep Ukhuwah KH Ahmad Shiddiq Perbesar

Abu Dhabi, Kabarpas.com – Organisasi Nahdlatul Ulama, bersama Muhammadiyah, Senin (5/1) malam meraih anugerah persaudaraan kemanusiaan dari lembaga independen yang bekedudukan di Abu Dhabi, UEA, yakni Zayed Award for Human Fraternity 2024 atas dedikasinya selama ini menjalankan misinya sebagai organisasi yang berkonstribusi besar dalam persaudaraan kemanusiaan di Indonesia. Anugerah dilaksanakan di Founder’s Memorial, Abu Dhabi dalam sebuah upacara yang hikmat dan elegan, dihadiri para penerima award dan undangan khusus. Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Nahdlatul Ulama, KH Yahya Cholil Staquf dan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haidar Nasir hadir dan menerima award secara bersamaan dan memberikan speech dalam bahasa Inggris secara bergiliran.

Dalam sambutannya, Gus Yahya mengangkat trilogi konsep persaudaraan atau ukhuwah yang dikemukakam Rois Am PBNU, KH. Ahmad Shiddiq dalam Muktamar ke-27 NU di Situbondo, pada 1984. Konsep persaudaraan itu adalah ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah dan ukhuwah basyariyah yang mendasari organisasi NU dalam membangun solkdaritas persaudaraan dan kemanusiaan. “Dari konsep itu, NU terus bergerak menjalankan misi membangun persaudaraan seagama, sebangsa dan kemanusiaan dalam cakupan yang lebih luas,” tegas Gus Yahya yang tampil rapi dengan jas full dress warna hitam.

Sementara itu, Haidar Nasir menyampaikan misi Islam Rahmatan lil alamin yang sejak berdirinya pada 1912 dijalankan melalui amal usaha di bidang pendidikan, kesehatan dan kemanusiaan. “Tidak hanya perguruan dan Rumah Sakit, Muhammadiyah juga mengembangkan layanan sosial memberikan pendampingan bagi warga diffabel agar mereka setara dengan saudaranya sesama manusia,” lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, ditampilkan video ucapan selamat dari Presiden Joko Widodo yang ditayangkan melalui layar lebar di panggung utama penganugerahan. Atas nama Bangsa Indonesia, Jokowi menyampaikan terima kasih dan rasa bangganya atas terpilihnya NU dan Muhammadiyah dalam anugerah ini. NU dan Muhammadiyah, lanjut Jokowi adalah organisasi Islam terbesar di Indonesia dan telah banyak memberikan kontribusi bagi bangsa Indonesia, bahkan dunia. “Saya ikut berbangga, apalagi NU dan Muhammadiyah menjadi organisasi pertama di Asia yang mendapatkan Zayed Award,” pungkas Jokowi.

Selain Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah yang menjadi co-honouring award, Zayed Award juga me.berikan anugerah kemanusiaan kepada Ahli bedah jantung asal Mesir, Sir Magdi Yacoub dan pemimpin masyarakat Chili, Sister Nelly Leon Correa.

Zayed Award for Human Fraternity adalah penghargaan independen dan internasional tahunan yang mengakui individu atau entitas di seluruh dunia yang memimpin dengan memberi contoh, berkolaborasi tanpa pamrih dan tanpa kenal lelah untuk menjembatani kesenjangan dan menciptakan hubungan antarmanusia yang nyata. Para penerima penghargaan menerima hadiah sebesar USD$1 juta yang diberikan oleh Komite Tinggi Persaudaraan Manusia.

Penghargaan ini diberi nama Zayed Award untuk menghormati almarhum Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, pendiri Uni Emirat Arab, yang kemanusiaan dan dedikasinya terus diakui melalui upacara tahunan ini.(rls/gus).

Artikel ini telah dibaca 17 kali

Baca Lainnya

Breaking News, Mayat Pria Ditemukan Mengambang di Parit Tambakrejo Pasuruan

12 Juli 2024 - 13:12 WIB

Gus Ipul Minta Masyarakat Pro Aktif dalam Daftar BPJS Kesehatan

12 Juli 2024 - 12:19 WIB

Jago Kandang: Serunya bertanding antara Selebriti vs Siswa SMAN 3 Teladan Jakarta

12 Juli 2024 - 09:48 WIB

Makna Karunia

12 Juli 2024 - 09:40 WIB

Selamat! Kota Pasuruan Sukses Wujudkan 100 Persen ODF 

11 Juli 2024 - 17:56 WIB

Pria di Pasuruan Ditemukan Tewas Gantung Diri

11 Juli 2024 - 17:39 WIB

Trending di Berita Pasuruan