Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Politik & Pemerintahan · 5 Sep 2015 15:20 WIB ·

Musim Kemarau, 5 Embung di Kabupaten Probolinggo Kehabisan Air


Musim Kemarau, 5 Embung di Kabupaten Probolinggo Kehabisan Air Perbesar

Probolinggo (Kabarpas.com) – Akibat musim kemarau berkepanjangan. Lima dari tujuh embung tadah hujan di Kabupaten Probolinggo mengalami kehabisan air. Jelas kondisi ini membuat kelangkaan air bersih di sebelas kecamatan kian mengkhawatirkan. Apalagi bagi masyarakat kabupaten setempat, air embung tidak hanya untuk kebutuhan hidup sehari-hari, melainkan juga untuk pemenuhan sawah ladang. Namun, sayangnya pemerintah daerah setempat tak mampu berbuat banyak. Pasalnya, kewenangan embung-embung tersebut berada di tangan pemerintah pusat.

Untuk diketahui, saat ini di Kabupaten Probolinggo terdapat tujuh embung tadah air hujan. Embung-embung itu tersebar di empat kecamatan diantaranya; yaitu di Kecamatan Bantaran, Kuripan, Wonomerto. Serta empat embung lain berada di Kecamatan Tongas. Dari ketujuh embung tersebut, hanya di Kecamatan Kuripan dan Tongas yang masih menyisakan air.

Menanggapi kondisi tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pengairan Kabupaten Probolinggo, Donny Adianto mengaku, tak mampu berbuat banyak. Pasalnya,ketujuh embung tersebut tercatat sebagai aset pemerintah pusat. Selain itu, pengelolaannya juga masih menjadi wewenang pemerintah pusat.

“Saat ini kami sudah berusaha untuk membuat MoU dengan pemerintah pusat, baik aset maupun pengelolaannya. Sehingga, kami punya keterbatasan kewenangan. Kalau kami yang melakukan langkah terkait embung tersebut, justru malah nantinya kami yang dinilai salah secara hukum,” kata Donny Adianto kepada Kabarpas.com, Sabtu, (05/09/2015). (sun/uje).

Artikel ini telah dibaca 15 kali

Baca Lainnya

Pemkab Trenggalek Juara 1 LMSI Tingkat Provinsi Jatim 2024

20 Juli 2024 - 20:33 WIB

Sekretaris DPW PPP Jatim Minta Kadernya Tancap Gas Menangkan Khofifah -Emil

17 Juli 2024 - 14:41 WIB

Jalan Menuju MBK Bakal Dipoles, Pemkot Blitar Siapkan Dana Rp15 M

29 Juni 2024 - 15:14 WIB

PKS Trenggalek Bagikan 86 Hewan Kurban Pada Idul Adha 2024

17 Juni 2024 - 17:35 WIB

Pemkab Trenggalek Gelar MUF ON, Begini Kata Kadis Kelautan dan Perikanan

5 Juni 2024 - 21:55 WIB

Pemkab Trenggalek Manjakan Pengunjung Pasar PON dengan Kran Air Langsung Minum

5 Juni 2024 - 10:34 WIB

Trending di Kabar Terkini