Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Sosial & Budaya · 24 Agu 2014 16:33 WIB ·

Mengenal Sinema28, Komunitas Film Indie-nya Kota Pasuruan


Mengenal Sinema28, Komunitas Film Indie-nya Kota Pasuruan Perbesar

Gadingrejo (kabarpas.com) – Perkembangan komunitas film indie saat ini tidak hanya ada di kota – kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Malang, melainkan juga telah mulai berkembang di Kota Pasuruan, yang lambat laun mulai banyak bermunculan.

Salah satu komunitas film indie, yang belakangan ini mulai produktif dalam menggarap film-film indie lokal khas Pasuruan tersebut, yaitu komunitas Sinema28. Meski baru didirikan sejak tanggal 28 April 2012 silam. Namun, Sinema28 telah berhasil memproduksi beberapa judul film indie.

Suaibah Shihab, salah satu pendiri Komunitas Sinema28 mengatakan, kalau komunitas ini sengaja dibentuk sebagai wadah kreatifitas anak-anak Pasuruan dalam mengembangkan bakatnya di bidang teater maupun acting.

“Mungkin ada sebagian dari anak-anak ini yang mempunyai mimpi dan cita-cita menjadi seorang sutradara maupun artis. Namun, dikarenakan terbatasnya modal yang mereka miliki, jadinya mereka susah untuk mengembangkan bakat dan hobinya,” ucap ibu dari lima orang anak ini.

Atas dasar itulah, Suaibah bersama dengan seorang rekannya bernama Kadarwati, yang juga merupakan seorang guru seni di wilayah setempat, mencoba untuk mendirikan sebuah komunitas film indie “Sinema28”.

“Untuk bergabung di komunitas Sinema28, sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis. Alhamdulillah, anggota yang ikut dalam komunitas ini tidak hanya pelajar SMP maupun SMA, melainkan dari kalangan mahasiswa juga ada,” ujarnya kepada kabarpas.com, saat ditemui di sebuah rumah makan yang ada di wilayah Kota Pasuruan.

Lebih lanjut ia mengatakan, kalau dalam komunitas ini tidak hanya sekedar memproduksi film-film indie lokal saja, melainkan juga diadakan diskusi dan nobar (Nonton bareng) film hasil karya mereka sendiri.

Sementara itu, Ketua Dewan Kesenian Kota Pasuruan, Roem Latif mengatakan, bahwa pihaknya sangat menyambut positif dengan hadirnya sejumlah komunitas-komunitas film yang ada di kota santri ini.

Sebab menurutnya, dengan mulai banyaknya bermunculan komunitas film indie tersebut, diharapkan akan banyak melahirkan sineas-sineas muda berbakat yang ada di wilayah Kota Pasuruan.

“Dan semoga bakat yang dimiliki oleh arek-arek Pasuruan dalam bidang seni peran dan perfilman, bisa menjadi terwadai dengan hadirnya komunitas film indie tersebut,” pungkasnya. (mad/sym).

Artikel ini telah dibaca 25 kali

Baca Lainnya

Resepsi HUT ke-41, FKPPI Probolinggo Bagikan Ratusan Sembako

12 September 2019 - 23:51 WIB

Opini : Impor Guru Sebagai Bentuk Penjajahan Baru?

15 Mei 2019 - 12:30 WIB

Empat SMP di Kabupaten Probolinggo Dinilai Tim Verifikasi Adiwiyata Jatim

27 April 2019 - 19:00 WIB

Pameran Expo Pembangunan Tampilkan Produk Unggulan UKM

27 April 2019 - 18:20 WIB

Ungkapan Rasa Syukur, Pemkab Probolinggo Tasyakuran dengan Potong Tumpeng

18 April 2019 - 17:22 WIB

Pemkab Probolinggo Sosialisasikan Fasilitasi HKI

6 Maret 2019 - 08:56 WIB

Trending di KABAR NUSANTARA