Membludak Rentan Tertular Korona, Satgas Covid-19 Kabupaten Probolinggo Gelar Ops Yustisi

Probolinggo, kabarpas.com – Jelang lebaran yang berdampak meningkatnya aktivitas warga untuk memenuhi kebutuhan hari raya Idul Fitri, membuat Satgas Covid-19 Kabupaten Probolinggo gencar melaksanakan operasi yustisi di pusat-pusat pertokoan. Razia yustisi kali ini petugas dari unsur polri, TNI, Bakesbangpol linmas dan Dinas Kesehatan menyisir pertokoan di kawasan Diva Swalayan di Kecamatan Kraksaan dan sekitarnya.

Koordinator Gakkum Satgas Covid 19 Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto menjelaskan, sasaran kali ini pihaknya menyisir daerah Diva Swalayan dan sekitarnya, dan di hari berikutnya ke sejumlah pasar tradisional.

“Kawasan Diva Swalayan dan sekitarnya, jelang H – 3 lebaran aktivitas masyarakat terpantau meningkat, dan managemen swalayan sudah menerapkan protokol kesehatan,” ujar Ugas Irwanto kepada wartawan Kabarpas.com biro Probolinggo.

Meski demikian, kata Ugas, masih saja ada masyarakat yang abai protokol kesehatan seperti berkerumun, dan tidak memakai masker.

“Masyarakat yang bandel, tidak memakai masker kita beri masker gratis, dan dilakukan rapid antigen serta ada yang kita sanksi sosial seperti push up dan baca alfatihah,” tambahnya.

Sebanyak 30 orang yang dilakukan rapid antigen hasilnya semuanya non reaktif. “Beruntung hasilnya non reaktif, andai reaktif kita lakukan isolasi,” tegasnya.

Diimbau, masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 . “Masyarakat hendaknya tetap menjalankan prokes untuk antisipasi meledaknya kasus Covid-19, pasca perayaan lebaran,” tutupnya. (wil/gus).