Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Kabar Pasuruan · 25 Mei 2023 22:31 WIB ·

Mas Adi Harapkan Sensus Pertanian 2023 Hasilkan Data yang Akurat dan Terkini


Mas Adi Harapkan Sensus Pertanian 2023 Hasilkan Data yang Akurat dan Terkini Perbesar


Pasuruan, Kabarpas.com – Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo (Mas Adi) mengharapkan hasil dari sensus pertanian 2023 ini dapat menghasilkan data akurat dan terkini, yang dapat digunakan sebagai acuan bagi pemerintah maupun stakeholder dalam merencanakan dan merumuskan kebijakan-kebijakan baik untuk kepentingan intern maupun untuk pembangunan nasional.

Hal itu disampaikan Mas Adi saat membuka pelatihan petugas sensus pertanian 2023 yang digelar Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pasuruan, Kamis (25/05/2023) di Hotel BJ Perdana.

“Sensus pertanian ini bukan hanya sebagai rutinitas yang dilakukan setiap sepuluh tahun sekali, namun sensus ini diharapkan mendapatkan data yang akurat dan terkini. Karena data ini menjadi basis bagi para pengambil kebijakan baik itu pemerintah maupun stakeholder lainnya”, kata Mas Adi.

Mengingat pentingnya kegiatan pendataan sensus pertanian 2023 ini, maka Mas Adi juga berpesan kepada para peserta kualitas pengumpulan data harus dijaga dari semua tahapan. Dimulai saat ini dari Pelatihan Calon Petugas harus baik. Para Calon Petugas harus tahu dan paham apa yang harus dikerjakan dalam kegiatan sensus pertanian 2023.

“Para Calon Petugas ST2023 harus serius dalam mengikuti pelatihan yang cukup singkat ini, jika data yang diperoleh salah sudah dipastikan maka nantinya untuk pengambilan kebijakannya pun juga akan salah. Untuk itu maka manfaatkan pelatihan ini dengan benar dan dicermati sesuai dengan semua tahapan”, tambah Mas Adi.

Selannjutnya, Mas Adi juga berpesan pada Para Instruktur Daerah (Inda) dalam penyampaian materi ke Petugas, segamblang mungkin, bagaimana bisa mewujudkan seratus persen materi tersampaikan ke setiap Calon Petugas. Semua harus mempunyai rasa memiliki terhadap kegiatan sensus pertanian 2023 ini, karena ini nantinya bukan milik BPS, tapi akan menjadi milik semua.

“Kemudian untuk para Inda, Inda harus bisa menyampaikan materi dengan baik kepada calon Petugas. Jelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami. Inda juga tidak boleh terjebak pada pembahasan materi yang tidak subtantif”, tegas Mas Adi.

Terkahir, Mas Adi juga berharap nantinya masyarakat dapat bekerjasama dengan baik untuk memberikan data yang aktual dari sektor pertanian kepada para petugas sensus pertanian 2023.

“Semoga masyarakat nantinya dapat diajak kerjasama dan ramah kepada petugas sensus, sehingga bisa mendapatkan data yang aktual”, pesan Mas Adi. (ajo/ian).

Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Lepas Ratusan Calon Jemaah Haji, Gus Ipul Titip Doa Agar Kota Pasuruan Diberikan Berkah

22 Mei 2024 - 13:17 WIB

Peringati Harkitnas ke-116, Mas Adi Ajak Bangkit Menuju Indonesia Emas

20 Mei 2024 - 17:48 WIB

Bersama OJK, Pemkot Pasuruan Edukasi Ratusan PEKKA Bahaya Pinjol ilegal

16 Mei 2024 - 07:58 WIB

Dekranasda Kota Pasuruan Kenalkan Motif Baru Batik Tari Terbang Bandung di Pameran Batik se-Jatim

15 Mei 2024 - 22:47 WIB

Kunjungan Tim Penilai Karang Werda, Mas Adi Harapkan Di Tahun 2024 Kota Pasuruan Juara Bertahan

13 Mei 2024 - 16:11 WIB

Pemkot Pasuruan Menuju Kota Informatif

8 Mei 2024 - 20:57 WIB

Trending di Kabar Pasuruan