Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Kabar Pasuruan · 4 Jan 2024 01:58 WIB ·

Mas Adi Berharap Kemandirian Fiskal Tahun 2024 Semakin Meningkat


Mas Adi Berharap Kemandirian Fiskal Tahun 2024 Semakin Meningkat Perbesar

Pasuruan, Kabarpas.com – Wakil Walikota Pasuruan Adi Wibowo (Mas Adi) berharap kemandirian fiskal tahun 2024 semakin meningkat, sehingga target PAD di tahun 2024 dengan capain Rp 52 Miliyar bisa tercapai.

“Sosialisasi pajak dan retribusi daerah ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman bagi masyarakat dan wajib pajak untuk mengetahui hal apa saja yang perlu diperhatikan, tentunya Perda ini nantinya akan mempermudah para wajib pajak dalam membayar pajak. Sehingga, nantinya PAD kita di tahun 2024 akan semakin meningkat dengan target 52 Milyar,” kata Mas Adi.

Hal ini disampaikan Mas Adi saat membuka secara langsung Sosialisasi Peraturan Daerah tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, di Gedung Gradika.

Mas Adi menerangkan, Pemerintah Kota telah menetapkan Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2023 yang diberlakukan mulai 1 Januari 2024. Perda ini secara substansi mengatur beberapa perubahan jenis pajak dan retribusi daerah, dengan demikian kemandirian fiskal Kota Pasuruan semakin kuat.

“Perda ini mengatur beberapa perubahan jenis pajak dan retribusi daerah yang dipungut meliputi PBB-P2, BPHTB, PBJT, pajak reklame, pajak air tanah dan tentunya jenis pajak yang lainnya. Sebagai wajib pajak tentu harus mengetahui Perda ini untuk bisa menerapkan dan melaksanakannya,” terang Mas Adi

Pada Tahun 2023, menurutnya PAD Pemerintah Kota telah memberikan kontribusi sebesar 29,7%, terlihat di tahun 2022 tingkat pertumbuhan ekonomi sebesar 3,64% sedangkan di tahun 2023 meningkat menjadi 6,22%. PAD ini dipengaruhi oleh tingkat pertumbuhan ekonomi Kota Pasuruan dan menunjukkan kenaikan yang signifikan

“Kenaikan pendapatan ini disamping memang dari kesadaran wajib pajak juga adanya pertumbuhan ekonomi di Kota Pasuruan, dan notabennya di tahun 2022 dimasa kita pandemi covid-19 terlihat menurun dan di tahun 2023 semakin meningkat,” ujar Mas Adi

Namun demikian, Mas Adi menyampaikan peningkatan PAD tidak terlepas dari dukungan dan peran serta masyatakat sebagai wajib pajak. Kesadaran wajib pajak membayar pajak secara transparan dan tepat waktu di dukung dengan kemudahan dalam melakukan pembayaran pajak.

“Dengan adanya sosialisasi ini seluruh masyarakat ataupun stakeholder mengetahui dan menjadikan Perda ini sebagai pedoman pemungutan pajak,” jelas Mas Adi

Ia pun berharap pembangunan di Kota Pasuruan bisa terus melaju untuk mengejar ketertinggalan dan bisa menyamai dengan negara lain.

“Kemauan atau keinginan ini tidak akan bisa terwujud tanpa ada partisipasi dari semua pihak,” harap Mas Adi

Terakhir sebelum menutup sambutannya, Mas Adi ingatkan kembali visi misinya Kota Pasuruan Kota Madinah. Dengan misi membangun kota yang indah pembangunan fisik semakin mempercantik wajah Kota Pasuruan sehingga menarik wisatawan luar kota mengunjungi Kota Pasuruan.

“Pembangunan di Kota Pasuruan menjadi peluang bagi Pemerintah Kota untuk meningkatkan PAD. Meningkatnya kunjungan wisatawan diharapkan berdampak pada penerimaan pajak,” tutup Mas Adi. (ajo/gus).

Artikel ini telah dibaca 13 kali

Baca Lainnya

Breaking News, Mayat Pria Ditemukan Mengambang di Parit Tambakrejo Pasuruan

12 Juli 2024 - 13:12 WIB

Gus Ipul Minta Masyarakat Pro Aktif dalam Daftar BPJS Kesehatan

12 Juli 2024 - 12:19 WIB

Jago Kandang: Serunya bertanding antara Selebriti vs Siswa SMAN 3 Teladan Jakarta

12 Juli 2024 - 09:48 WIB

Makna Karunia

12 Juli 2024 - 09:40 WIB

Selamat! Kota Pasuruan Sukses Wujudkan 100 Persen ODF 

11 Juli 2024 - 17:56 WIB

Pria di Pasuruan Ditemukan Tewas Gantung Diri

11 Juli 2024 - 17:39 WIB

Trending di Berita Pasuruan