Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Sosial & Budaya · 17 Sep 2015 18:30 WIB ·

Lestarikan Sejarah, Pan Indo Hash Gelar Pawai Budaya Majapahit


Lestarikan Sejarah, Pan Indo Hash Gelar Pawai Budaya Majapahit Perbesar

Pasuruan (Kabarpas.com) – Kerajaan Majapahit menjadi salah satu ikon pada pawai budaya tradisional yang di gelar Pan Indo Hash Pandaan. Dalam event yang mengambil tema budaya Kerajaaan Majapahit ini, menampilkan sejumlah penari dan ribuan peserta yang menggunakan busana unik. Bahkan, para peserta yang ikut meramaikan event ini juga berasal dari berbagai negara.

Tedjo Koentjoro, panitia pawai budaya ini mengatakan, kalau kegiatan ini semula hanyalah merupakan event olahraga lintasan. Namun, dikarenakan pihaknya berkeinginan untuk melestarikan sejarah Indonesia di masa lalu. Sehingga disepakati untuk membuat event pawai budaya dengan ikon kerajaan Majapahit.

“Kami akhirnya sepakat untuk ambil tema ini. Karena kami berkeinginan untuk melestarikan sejarah khususnya pada masa kerajaan Majapahit. Sekaligus mengenalkan budaya dan pariwisata yang ada di Jawa Timur,” terangnya kepada Kabarpas.com saat ditemui di lokasi, Kamis, (17/09/2015).

Selain itu, ia juga mengatakan, dalam acara ini pihaknya membagi tiga sesi yakni long, medium, dan super long. “Kegiatan ini banyak dilakukan di superlong sebab memang diarahkan untuk ambil juara 1, 2 dan 3. Begitu pula untuk start juga melalui pos 1 hingga 3,” imbuhnya.

Dijelaskannya, dalam pawai budaya tradisional yang diikuti dengan jumlah peserta mencapai 2200 orang dan 107 peserta dari klub penari tersebut, keunikannya terdapat pada perpaduan antara tari lokal dan budaya lainnya.

“Kami berharap melalui pawai budaya tradisional dengan ikon kerajaan Majapahit ini, dapat melestarikan sejarah yang ada pada masa lalu. Serta bisa senantiasa mempersatukan seluruh keberagaman nusantara yang dimiliki bangsa Indonesia ini,” jelasnya.

Sementara itu, pantauan Kabarpas.com di lokasi, sekitar pukul 16.00 wib para peserta langsung diberangkatkan dari rumah makan Ikan Bakar Cianjur, yang berada di jalan raya Surabaya-Malang KM 48, Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

Tak pelak, pawai budaya tradisional ini pun menjadi tontonan tersendiri bagi masyarakat sekitar, dan sejumlah pengguna jalan yang kebetulan melintas di jalan raya setempat. Bahkan, tak sedikit dari warga yang menonton pawai ini foto selvie dengan beberapa orang peserta pawai. (ajo/sym).

Artikel ini telah dibaca 21 kali

Baca Lainnya

Resepsi HUT ke-41, FKPPI Probolinggo Bagikan Ratusan Sembako

12 September 2019 - 23:51 WIB

Opini : Impor Guru Sebagai Bentuk Penjajahan Baru?

15 Mei 2019 - 12:30 WIB

Empat SMP di Kabupaten Probolinggo Dinilai Tim Verifikasi Adiwiyata Jatim

27 April 2019 - 19:00 WIB

Pameran Expo Pembangunan Tampilkan Produk Unggulan UKM

27 April 2019 - 18:20 WIB

Ungkapan Rasa Syukur, Pemkab Probolinggo Tasyakuran dengan Potong Tumpeng

18 April 2019 - 17:22 WIB

Pemkab Probolinggo Sosialisasikan Fasilitasi HKI

6 Maret 2019 - 08:56 WIB

Trending di KABAR NUSANTARA