Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Pasuruan · 24 Okt 2015 13:46 WIB ·

Lakpesdam PCNU Kota Pasuruan Gelar Diskusi Bertajuk “Manifestasi Resolusi Jihad”


Lakpesdam PCNU Kota Pasuruan Gelar Diskusi Bertajuk “Manifestasi Resolusi Jihad” Perbesar

Pasuruan (Kabarpas.com) – Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (LAKPESDAM) PCNU Kota Pasuruan. Menggelar acara diskusi yang bertajuk “Manifestasi Resolusi Jihad Sebagai Hari Santri”.

Acara ini digelar di Aula PCNU Kota Pasuruan, yang dihadiri oleh sejumlah mahasiswa serta penggurus banom di PCNU kota setempat. Tak hanya itu, para narasumber yang berkompeten pun juga turut dihadirkan untuk meramaikan diskusi tersebut. Diantaranya yaitu; Achmad Muhibbin Zuhri (Kepala Museum NU Surabaya), Andry Dewanto Ahmad (Wakil Ketua Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum PBNU).

Pada kesempatan tersebut, Achmad Muhibbin Zuhri menyampaikan, bahwa Penetapan hari santri, konteksnya adalah peran santri bersama kyai merebut dan mempertahankan kemerdekaaan NKRI.

“Intinya kalau tidak ada santri, kira-kira belum tentu ada Indonesia,” ujar intelektual muda NU asal Surabaya tersebut kepada para audiens.

Ia juga menambahkan, meski negara terlambat untuk menetapkan hari santri nasional. Namun, dirinya mengajak masyarakat, khususnya kaum sarungan untuk memberikan apresiasi sebagai penyemangat bagi santri agar semakin kuat kecintaannya kepada Tanah Air Indonesia.

“Berawal semangat dan doa restu dari ulama maka terjadilah gerakan perjuangan secara fisik yang dilakukan demi melawan dan mengusir penjajah untuk merebut kemerdekaan,” terangnya.

Setelah puas dengan penyampaian materi oleh para narasumber. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Istighotsah yang dipimpin langsung oleh KH. Abdul Khalim Mas’ud selaku ketua Tandfidziyah PCNU Kota Pasuruan. selain itu, acara Istighosah dan tahlil ini kemudian diakhiri dengan pemotongan tumpeng sebagai simbol telah tercapainya pengakuan negara atas Dedikasi dan Pengabdian Santri pada Republik ini.

Selanjutnya acara ditutup dengan Ikrar Santri Indonesia yang dipimpin langsung oleh Ketua LAKPESDAM PCNU Kota Pasuruan Waladi Imaduddin, dan diikuti dengan penuh ghiroh oleh seluruh tamu undangan yang hadir dalam acara tersebut.

“Resonansi Santri tidak hanya sekedar simbol, identitas dan slogan. Namun, harus terprodak dengan baik, agar dapat bergerak memanifestasikan diri sebagai bagian yang terpenting untuk bangsa dan negara. Sebab esensinya adalah kita sebagai santri bisa memberi manfaat yang baik,’’ pungkas Waladi saat menutup acara. (edw/abu).

Artikel ini telah dibaca 10 kali

Baca Lainnya

Peringatan Hari Jadi Kota Pasuruan Ke-337 Berlangsung Spektakuler

8 Februari 2023 - 22:32 WIB

Cerdas Berdemo, Mahasiswa Harus Tingkatkan Reponsif Membaca dan Diskusi

27 September 2019 - 09:42 WIB

KOMPAK Desak Kejari Buka Kembali Kasus Mark Up Pembelian Lahan Kantor Kecamatan Panggungrejo

23 Januari 2019 - 23:32 WIB

Tips Menambah Daya Ingat

19 Desember 2018 - 12:55 WIB

Inilah 5 Tips Aman Pencopet Saat Libur Lebaran

18 Juni 2018 - 16:15 WIB

Pasca Ledakan Surabaya, Kantor Samsat Kabupaten Pasuruan Perketat Keamanan

14 Mei 2018 - 11:00 WIB

Trending di Breaking News