Kini Warga Kota Pasuruan Bisa Nikmati Internet Gratis hingga Tingkat RW

0 0
Read Time:2 Minute, 34 Second

Pasuruan, Kabarpas.com – Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Pasuruan melaunching Madinah Command Center dan Paket Internet Gratis untuk warga Kota Pasuruan di halaman Madinah Command Center (MCC) Kota Pasuruan. Dimana MCC terletak di depan Gedung Gradika Kota Pasuruan. Jika dulu kita merasakan wifi gratis hanya di fasilitas public seperti taman kota, taman lansia, dan lain sebagainya. Sekarang kita bisa merasakan wifi gratis hingga tingkat RW.

Wali Kota Pasuruan Drs. H. Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengatakan ada 68 titik tingkat RW pada tahun 2022 ini, yang akan difasilitasi internet gratis.
“Kalau kemarin baru ditaman-taman, sekarang di RW-RW, baru ada 68 RW. Semoga akhir tahun tambah lagi 68 dan tahun depan bisa semuanya, “ ujar Gus Ipul saat melaunching Madinah Command Center dan Paket Internet untuk Rakyat, Rabu (29/06/2022).

Gus Ipul menyebutkan bahwa adanya layanan internet gratis bagi warga Kota Pasuruan ini diharapkan mampu mendongkrak semangat baru bagi masyarakt baik dalam hal berkarya maupun untuk membantu menunjang ekonomi warga dan daerah kota Pasuruan.

“Seperti yang saya singgung tadi ada 68 RW itu tolong dipantau pemanfaataatannya, oleh karena itu saya undang semua RW agar mampu melakukan sosialisasi kepada warganya untuk memanfaatankan layanan wifi gratis ini agar tidak disalah gunakan, penggunaannya agar maksimal untuk pembelajaran online, untuk kepentingan usaha, untuk keperluan bisnis,dan untuk kepentingan layanan publik agar pemanfaatannya bisa lebih produktif,” jelas Gus Ipul.

Launching program internet untuk rakyat juga disambut positif oleh warga di kelurahan Krampyangan, Kecamatan Bugul Kidul. Yuni Fitriani, salah satu warga Kelurahan Krampyangan ketika dikonfirmasi mengaku senang dengan adanya program internet gratis hingga tingkat RT/RW. Wanita yang sehari harinya bekerja di salah satu pabrik di Kabupaten Pasuruan ini mengatakan bahwa adanya internet gratis sangat bermanfaat bagi dirinya yang memiliki usaha online shop.

“Alhamdulillah senang sekali dan saya berterimakasih kepada Pak Walikota karena dengan adanya internet untuk rakyat ini membantu saya untuk mengembangkan online shop pakaian yang selama ini saya jalankan. Bisa mengurangi pengeluaran untuk biaya kuota internet,” ujarnya sumringah.

Yuni mengatakan bahwa internet gratis ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang penghasilannya mengandalkan teknologi informasi seperti dirinya.

Sementara Lurah Krampyangan, Sumiati, S.Pd, MM berharap adanya program internet untuk rakyat ini dapat digunakan untuk hal-hal positif.

“Yang pelajar bisa menggunakan fasilitas wifi gratis ini untuk browsing materi pelajaran. Ibu-ibu bisa cari referensi resep masakan atau cara membuat kerajinan atau merawat tanaman. Bapak-bapaknya juga bisa memanfaatkan misalnya untuk pengetahuan bagaimana usahanya lebih produktif,” terang Sumiati.

Menurut Sumiati, program Pemkot Pasuruan ini dapat menstimulus warga di kelurahannya untuk bisa melakukan hal hal yang kreatif dan lebih produktif lagi.
Selain launching internet untuk rakyat Gus Ipul juga melaunching Madinah Command Center (MCC).

Dimana menurutnya MCC ini memiliki fungsi sebagai pengolah data, kedua supporting data, ketiga monitoring, keempat pelayanan public dan kelima sebagai media promosi.

“Nanti Madinah Command Center ini untuk kegiatan zoom yang melibatkan banyak orang, karena kapasitasnya banyak dibandingkan MCC yang ada di Dinas Kominfotik, tentunya Madinah Command Center juga ramah untuk para difabel. Semoga dapat memberikan manfaat serta ruang yang lebih luas untuk masyarakat umum dengan cepat dan akurat,” pungkasnya. (ajo/gus).

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %