Kiat UKM Saat PPKM Diperpanjang

Oleh : Nico Trisno P, Ketua Forum UMKM Mandiri Jatim

KABARPAS.COM – SELASA malam 20 Juli 2021 Presiden Jokowi mengumumkan PPKM Darurat atau yang sekarang diganti menjadi PPKM Level 4 diperpanjang sampai 25 Juli 2021, setelah itu dievaluasi….Bagaimana kita sebagai UKM menyiasati agar bisnis tetap jalan…?

Ada beberapa Kiat yang bisa dijalankan :

1) KREATIF….hal ini harus dilaksanakan karena kita membuka pelyang baru misalnya membuat ato menjual produk baru, bikin variasi produk, diskon produk, dll
2) INOVTIF…Kita membuat terobosan baru, misalnya membuat layanan antar – jemput kepada konsumen agar ada nilai tambah dalam pelayanan, membuat Member Card untuk meningkatkan loyalitas pelanggan—otomatis dengan fasilitas & kelebihan yang diberikan kepada pemilik Member Card.
3) MAKSIMALKAN DIGITAL MARKETING…khususnya Facebook, Instagram, WA Group, dan WEB yang dimiliki oleh UKM. Up Date terus produk – produknya..selalu ada yang baru, Diskon-diskon yang diberikan, dan JANGAN LUPA secara rutin berkala dimonitor biar segera diketahui siapa-siaoa yg Visitor/calon pembeli…..
4) JADILAH RESELLER juga pada produk-produk sesama UKM…Biar lebih dinamis & berkembang bisnis kita dan teman kita….

Demikian sedikit Kiat-kiat yang bisa dilakukan bagi UKM menghadapi pendemi Covid-19 yang belum selesai plus ada perpanjangan PPKM Darurat…..AYO BISA….PASTI BISA….HARUS BISA..!!!. (***).