Kiai Said: Anak Orang NU Wajib untuk Mondok

Pasuruan (Kabarpas.com) – Selain dihadiri oleh grup band Wali. Acara pembukaan Silaturahmi Nasional (Silatnas) Gerakan Ayo Mondok, yang digelar oleh Penggurus Pusat Rabitha Ma’ahid Islamiyyah (RMI) NU, di Taman Candra Wilwatikta Pandaan itu, juga dihadiri oleh Ketua Umum Penggurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Kiai Said Aqil Siradj.

Dalam sambutannya, pria yang akrab disapa Kang Said itu menyampaikan, pesantren adalah salah satu lembaga pendidikan tertua di Indonesia. Bahkan, para kiai NU terus berjuang dengan ikhlas untuk mempertahankan tradisi dan nilai-nilai yang ada di pesantren hingga sekarang.

“Untuk itu, anak warga NU wajib untuk mondok. Sebab anak orang yang bukan NU aja mondok dan mereka juga banyak yang sukses,” ujar Kang Said.

Selain itu, ulama lulusan Timur Tengah ini menuturkan bahwa di pesantren akan dibentuk menjadi pribadi yang sederhana, tidak manja, ikhlas, dan menjadi generasi yang kuat dan tidak gampang mengeluh.

“Di pesantren akan dibentuk menjadi seseorang yang mandiri dan tidak bergantung pada orang lain. Nah, jiwa kemandirian inilah yang akan membentuk santri memiliki nilai lebih dari yang lainya,” tuturnya. (ajo/gus).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *