Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Berita Pasuruan · 10 Jul 2024 13:02 WIB ·

Ketika Anak-anak di Pasuruan Isi Libur Sekolah dengan Ikut Lomba Pildacil Berbahasa Jawa


Ketika Anak-anak di Pasuruan Isi Libur Sekolah dengan Ikut Lomba Pildacil Berbahasa Jawa Perbesar

Kontributor : Winda Badiatul Jamilah

Editor : Iwan Setiawan

 

Pasuruan, Kabarpas.com – Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Kota Pasuruan menggelar Festival Anak Sholeh cabang Lomba Pildacil Bahasa Jawa. Kegiatan ini dipusatkan di Gedung Olahraga Raga (GOR) Untung Suropati, Kota Pasuruan.

Ketua PC LP Ma’arif NU Kota Pasuruan, Ahmad Mudhofir Tri Wahyudi menyampaikan, peserta diikuti oleh perwakilan dari SD / MI baik swasta maupun negeri di Kota Pasuruan untuk cabang Pildacil bahasa Jawa.

Proses kegiatan ini di awali dengan seleksi administrasi, Technical meeting. Rangkaian kegiatan diawali dengan opening bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars syubbanul Wathan lanjut sambutan dari Panitia penyenggara, lanjut prosesi lomba dan pengumuman pemenang serta reward pada semua peserta dan pemenang.

“Kegiatan ini dilaksanakan karena bahasa Jawa sudah hampir ditinggalkan dengan kekhasannya yaitu santun dan andap ashor yang kental dengan menghargai serta toleransi oleh generasi muda saat ini yang lebih suka pada dunia Maya, gadjet dan bahasa Maya serta gaul yang terkadang kurang etis untuk tatabkrama,” terangnya.

“Adanya kegiatan ini agar siswa kembali menghargai budaya bahasa Jawa dengan budaya dan kearifan lokalnya yang sejuk dan menyejukkan,” ungkapnya.

Menurut Ketua PC LP Ma’arif NU Kota Pasuruan, manfaat kegiatan tersebut sebagai mengantar siswa siswi kembali untuk menghargai budaya bangsa Indonesia, serta mengisi libur panjang sekolah yang akan berakhir dalam beberapa hari lagi.

“Dan bisa berbahasa Jawa dengan santun dan tawaduk untuk di aplikasikannya dalam kehidupan sehari hari, juga untuk mengapresiasi bakat seni dan budaya,” pungkasnya. (win/ian).

Artikel ini telah dibaca 47 kali

Baca Lainnya

Dewan Pertimbangan MUI Kabupaten Pasuruan Ajak Ormas Islam Serukan Bahaya Judi Online

24 Juli 2024 - 18:50 WIB

Gus Ipul Ajak Kepala Sekolah hingga Orang Tua Deklarasi Sekolah Aman 

24 Juli 2024 - 12:41 WIB

MPM Honda Jatim Kenalkan #cari_aman Pada Guru PG TK 

24 Juli 2024 - 11:38 WIB

Diperta Probolinggo Gelar Bimtek Peningkatan Kualitas Bahan Baku Tembakau Melalui GHP

24 Juli 2024 - 08:29 WIB

Peringati HAN, RSUD Waluyo Jati Berikan Penyuluhan dan Pola Asuh Anak

23 Juli 2024 - 21:16 WIB

Dua Komplotan Maling Spesialis Mobil Pikap di Pasuruan Ditangkap

23 Juli 2024 - 20:31 WIB

Trending di Berita Pasuruan