Keren, Presiden Jokowi Beli Sepatu Kain Tenun Buatan Pemuda Pasuruan

Pasuruan, – Kabarpas.com – Siapa sangka bahwa sepatu kain tenun Sundawa buatan pemuda Pasuruan dibeli oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) pada saat berkunjung ke Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Pengrajin sepatu yang beruntung itu adalah Tamaji (25), asal Dusun Jambe, Desa Baujeng, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan. Tamaji sendiri mengaku awalnya tidak tahu bahwa sepatu hasil kolaborasinya dengan pengerajin tenun di Lombok itu dibeli langsung oleh Presiden Jokowi. Ia baru tahu setelah melihat sosial media.

“Nggak nyangka mas kalau dibeli Presiden Jokowi, baru tau pas scrol-scrol instagram ternyata sepatu saya diupload, ” ujar Tamaji saat dihubungi awak media, Sabtu (15/1/2022).

Setelah sepatu kain tenunnya viral, banyak orang berbondong-bondong ingin memesan sepatu bermotif etnik tersebut. Namun, kini stok sepatu kain tenun tersebut sudah habis terjual karena hanya dibuat 44 pasang sepatu.

“Memang sepatunya dibuat terbatas, kalau untuk produksi lagi mungkin baru bisa bulan depan, karena menunggu kiriman kain tenun dari NTB, ” ungkapnya.

Produsen sepatu merk MS.J itu mengaku awalnya dia menekuni usaha sepatu kain tenunnya sejak tahun 2019. Dia berkolaborasi dengan pengrajin kain tenun Tuturan asal NTB untuk menciptakan produk sepatu yang unik dan beda.

“Awalnya kolaborasi yang menyediakan kain tenun dari sana khas NTB. Jadi itu dijualnya ke lombok, galerinya memang disediakan disana,” imbuhnya.

Penjualan sepatu kain tenun khas NTB buatan Tamaji memang laku keras. Selain motifnya yang unik, pria asal Pasuruan itu menjamin kualitas bahan sepatunya tidak kalah dengan sepatu yang sudah terkenal di Indonesia.

“Uniknya kan tiap motif punya filosofi arti masing-masing. Dipakainya enak, bahannya kuat dan tahan lama,” terangnya.

Sebagaimana ramai di Media Sosial (Medsos), sebelumnya Presiden Jokowi mengunggah foto di twitter tentang dirinya yang sedang mencoba sepatu kain tenun Sundawa di Bazaar Sirkuit Mandalika.

“Saya membeli sepatu berwarna merah dengan kombinasi kain tenun Sundawa, Ibu Negara berbelanja dua tas berbahan rumput ketak. Semuanya hasil produksi UMKM yang gerainya saya temui di Bazaar Mandalika,” tulisnya. (emn/ida).