Jumlah Pupuk Subsidi di Kabupaten Probolinggo Naik Dua Kali Lipat

Probolinggo (Kabarpas.com) – Pada tahun 2016 ini Kabupaten Probolinggo mendapatkan alokasi pupuk bersubsidi sebanyak 83.665 ton. Jumlah tersebut mengalami kenaikan dua kali lipat dibanding tahun lalu yang hanya sebesar 38.547 ton.

“Naiknya jumlah pupuk subsidi di Kabupaten Probolinggo ini, dikarenakan sasaran penerima subsidi lebih banyak. Sebab selain untuk petani, di tahun ini yang mendapat pupuk bersubsidi tersebut adalah pekebun, peternak, dan pembudidaya ikan,” ujar Kepala Dispertan Kabupaten Probolinggo Mahbub Zunaidi. Jumat, (12/02/2016).

Dijelaskan, untuk petani mendapat pupuk bersubsidi jenis Urea, ZA, SP36, MPK dan Organik. Pekebun mendapat pupuk jenis Urea, ZA, SP36 dan MPK. Peternak mendapat pupuk jenis Urea dan ZA. Sedangkan pembudidaya ikan mendapat pupuk bersubsidi jenis Urea, SP36 dan Organik.

“Untuk mendapatkan pupuk bersubsidi tersebut, mereka harus mengusulkan melalui kelompok mereka masing-masing. Kemudian, jumlah yang didapat masing-masing kelompok tergantung pada luas lahan yang mereka miliki,” terangnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa setiap kelompok akan mendapat pupuk bersubsidi sesuai dengan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK). Yaitu dengan mempertimbangkan lahan dan pemupukan berimbang sesuai komposisinya.

Untuk diketahui, saat ini harga Eceran Tertinggi (HET) untuk pupuk jenis Urea Rp 1.800/kg, ZA Rp 2.000/kg, SP36 Rp 1.400/kg, MPK Rp 2.300/kg dan Organik Rp 500/kg.

“Dengan adanya pupuk bersubsidi ini diharapkan harga pupuk jadi lebih terjangkau karena sudah menyesuaikan HET yang ada di pasaran,” pungkasnya. (dzi/tin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *