Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Politik & Pemerintahan · 13 Okt 2014 23:26 WIB ·

Tahun Ini Pemkab Pasuruan Targetkan Raih Piala Adipura


Tahun Ini Pemkab Pasuruan Targetkan Raih Piala Adipura Perbesar

Purworejo (Kabarpas.com) – Tak ingin mengulang kembali kegagalan dalam meraih Adipura seperti pada tahun 2013 lalu. Saat ini Pemerintah Kabupaten Pasuruan mulai melakukan berbagai upaya agar bisa meraih Adipura berikutnya. Senin, (13/10/2014).

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemkab Pasuruan tersebut, ialah dengan melakukan rapat koordinasi dengan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang digelar di Ruang Pringgitan Pendopo Kabupaten Pasuruan.

Rakor itu sendiri dilakukan untuk mengevaluasi pada titik-titik penilaian yang dirasa kurang maksimal yang menjadi salah satu penyebab gagalnya Pemkab Pasuruan dalam meraih Adipura pada tahun 2013 lalu.

Dihadapan para SKPD yang hadir dalam rakor tersebut, Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf mengatakan, kalau tujuan kegiatan rakor itu ialah tak lain untuk mengetahui sejauh mana komitmen semua SKPD terkait, untuk bersama-sama menyatukan tekad dan pikiran, terutama  jelang penilaian pertama Adipura (PI), yang akan dilaksanakan dalam beberapa minggu ke depan.

“Kegagalan dalam meraih Adipura tahun lalu adalah patokan untuk mencari tahu apa saja yang kurang memenuhi persyaratan dalam lomba prestisius ini. Sehingga jangan sampai pada penilaian adipura berikutnya, kita gagal kembali untuk meraih adipura tersebut,” kata Irsyad di hadapan semua undangan.

Lebih lanjut Irsyad menambahkan, persoalan masih kurangnya nilai yang diraih oleh Kabupaten Pasuruan dalam meraih Adipura bukan menjadi alasan untuk saling menyalahkan satu sama lain. Sebab menurutnya, pada intinya kerja sama semua pihak sangat dibutuhkan, demi hasil yang memuaskan.

“Kalaupun APBD tidak mencukupi, maka bisa menggandeng pihak swasta untuk mendukung kesiapan dan penyiapan menuju PI atau P2. Harus ada progress, baik dalam hal fisik maupun non fisik, dan akan kita carikan solusi dari semua akar permasalahannya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BLH Kabupaten Pasuruan, Abdul Munif dalam paparannya menjelaskan, selama penilaian tahap I, II ataupun III, ada banyak perubahan nilai yang diberikan oleh Tim Juri, di antaranya perihal TPA Kenep Beji, Area Perkantoran, Jalan Raya, RTH (Ruang Terbuka Hijau), Hutan Kota, Stasiun, hingga titik-titik pantau lain di sekitar kecamatan bangil.

“Untuk TPA Kenep, pada penilaian Tahap I nilainya 72,32 dan Tahap II naik menjadi 73,57. Akan tetapi itu belum mencukupi nilai minimal yang harus dipenuhi, yakni 75 poin. Begitu juga dengan area perkantoran Pemkab Pasuruan yang masih ditemukan tempat sampah yang belum terpilah, kemudian stasiun bangil yang belum memiliki banyak pohon rindang dll,” ucapnya.

Munif menambahkan, kalau pihaknya menargetkan tahun ini bisa meraih Adipura dengan nilai yang sangat memuaskan. Oleh karenanya, untuk mendukung tercapainya Adipura tahun 2014 mendatang, Pemkab Pasuruan akan melakukan beberapa langkah, di antaranya melakukan optimalisasi sarana prasarana pengelolaan sampah.

“Selain itu juga perlu adanya pemberdayaan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, optimalisasi peran masyarakat dalam mendukung Adipura, inventarisasi titik pantau penilaian di lapangan, optimalisasi SDM khusus tukang sapu dan taman, serta pemberdayaan bank sampah,” pungkasnya. (iim/sym).

Artikel ini telah dibaca 17 kali

Baca Lainnya

Caleg PKS Komarudin Ajukan Nota Keberatan Pelaksanaan PSU ke Bawaslu

29 Februari 2024 - 21:15 WIB

Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu 2024 di Kecamatan Purworejo Diwarnai Protes

21 Februari 2024 - 08:02 WIB

PDI-P Trenggalek Berpeluang Kawinkan Gelar, Menang Pemilu dan Pemilukada 2024

20 Februari 2024 - 17:00 WIB

PKS Trenggalek Sayangkan Putusan KPU Lakukan Pemungutan Suara Ulang

18 Februari 2024 - 17:55 WIB

PDI-P Trenggalek Berpeluang Raih Double Winner dalam Pemilu Legislatif 2024

18 Februari 2024 - 10:59 WIB

Kian Panas, Giliran PKS Trenggalek Klaim Raih 7 Kursi di Pemilu 2024

17 Februari 2024 - 21:15 WIB

Trending di Kabar Terkini