Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Teras · 21 Okt 2015 05:17 WIB ·

Jelang Job Fair, Ratusan Pencari Kerja Serbu Kantor Dinsosnakertrans


Jelang Job Fair, Ratusan Pencari Kerja Serbu Kantor Dinsosnakertrans Perbesar

Pasuruan (Kabarpas.com) – Jelang pelaksanaan Job Fair yang akan dilaksanakan selama dua hari. Yakni, dari tanggal 22 s/d 23 Oktober 2015. Ratusan pencari kerja tiba-tiba membludak menyerbu kantor Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Pasuruan

Pantauan Kabarpas.com ratusan pelamar yang datang dari berbagai daerah di Jawa Timur tersebut, terlihat rela untuk mengantri demi mendapatkan kartu tanda pencari kerja atau AK 1

Mochammad Basori (24), pencari kerja asal Probolinggo ini mengaku mendapatkan informasi job fair dari situs resmi Pemkab Pasuruan, yang berada di laman pasuruankab.go.id. Dari informasi tersebut, dirinya seketika langsung menuju kantor Dinsosnakertrans, untuk melengkapi berkas-berkas yang harus dipenuhi demi mendapatkan Kartu AK I.

“Sekalian aja di sini, karena pelaksanaannya besok pagi, jadi ya ramai-ramai bersama teman-teman datang ke sini,” kata Basori kepada Kabarpas.com saat ditemui di halaman kantor Dinsosnakertrans Kabupaten Pasuruan, Rabu, (21/10/2015).

Basori sendiri belum memiliki pekerjaan tetap. Sehari-hari dirinya hanya membantu ibunya berdagang kebutuhan rumah tangga seperti beras, gula, minyak goreng dan lain sebagainya. Oleh karena itu, dirinya berharap agar segera mendapatkan pekerjaannya melalui Job Fair tersebut.

“Mudah-mudahan saya beruntung, sehingga bisa bekerja dan menyenangkan orang tua,” singkatnya.

Kartu AK I memang harus dimiliki oleh semua pencari kerja yang akan mengikuti Job Fair. Agus Hermawan, Kabid Penempatan Dinsosnakertrans Kabupaten Pasuruan mengatakan, untuk mendapatkan Kartu AK I, setiap pelamar harus membawa kelengkapan berkas, diantaranya Foto copy Ijazah terlegalisir, Pas Foto berwarna ukuran 3X4, Kartu Tanda Penduduk (KTP), serta Sertifikat Pelatihan.

“Khusus untuk sertifikat pelatihan tidak diwajibkan, akan tetapi menjadi pertimbangan sendiri bagi perusahaan yang membutuhkannya,” ucap Agus kepada Kabarpas.com.

Lebih lanjut, Agus menjelaskan bahwasanya setiap harinya, jumlah pencari Kartu AK I rata-rata berjumlah 200-300 orang, dan pihaknya menyediakan blangko maupun kartu AK I hingga 10.000 kartu. “Sebenarnya lebih baik mengurusi Kartu AK I pas lagi tidak ada job fair, sehingga tidak mengantri sampai sebegini banyak,” imbuhnya.

Sementara itu, dalam Job Fair yang akan dilaksanakan di Finna Golf and Country Club Resort tersebut, 45 perusahaan di Kabupaten Pasuruan dan Probolinggo, siap membuka lowongan pekerjaan sebanyak 4418 jabatan. Yoyok Heri Sutjipto, Kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Pasuruan menegaskan, dari jumlah lowongan tersebut, sebanyak 754 jabatan khusus tamatan pendidikan SD/SMP, 2731 lowongan lulusan SLTA, 628 jabatan untuk lulusan DI-D3, serta 305 jabatan bagi lulusan sarjana.

“Saya ajak semua pencari kerja untuk berbondong-bondong datang sejak pukul 7 pagi sampai selesai. Jangan khawatir untuk foto copy kami sediakan gratis. Tapi untuk amplop besar, materai bisa dibeli di Kantor Pos, dan itu bisa langsung ditempat,” pungkasnya. (iim/abu).

Artikel ini telah dibaca 14 kali

Baca Lainnya

Cerdas Berdemo, Mahasiswa Harus Tingkatkan Reponsif Membaca dan Diskusi

27 September 2019 - 09:42 WIB

Tips Menambah Daya Ingat

19 Desember 2018 - 12:55 WIB

Inilah 5 Tips Aman Pencopet Saat Libur Lebaran

18 Juni 2018 - 16:15 WIB

Sungai Dayang, Potensi Wisata Kabupaten Pasuruan yang Belum Dilirik

1 April 2018 - 17:42 WIB

Liga Champions 2018 Babak 16 Besar Akan Dimulai Dini Hari Nanti

6 Maret 2018 - 19:43 WIB

Denting Waktu

7 Januari 2018 - 19:07 WIB

Trending di Teras