Innalillahi, Jamaah Haji Asal Pasuruan Meninggal Dunia di Makkah

Pasuruan, Kabarpas.com – Kabar duka datang dari anggota kloter jamaah haji asal Kabupaten Pasuruan di Makkah. Seorang jamaah haji bernama Watiah (51) asal Dusun Wedoroh, Desa Wedoro, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan meninggal dunia di Makkah.

Jamaah haji bernama Watiah (51) ini meninggal dunia akibat sakit pada Kamis (14/07/2022) lalu sekitar pukul 10.15 waktu Arab Saudi.


Kepala Kemenag Kabupaten Pasuruan,
Syaihul Hadi mengatakan bahwa jamaah tersebut meninggal akibat mengalami sesak nafas.
Watiah sempat dirawat di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Mekkah.


“Sebelum berangkat haji, yang bersangkutan sudah ada riwayat sakit jantung,” ujar Syaihul ketika dikonfirmasi Kabarpas.com. Minggu (17/7/2022).

Sebelumnya, Watiah pergi haji bersama suaminya, Khoirul. Mereka berangkat dari Kloter 17 yang diberangkat dari Asrama Haji Sukolilo, Surabaya pada 16 Juni 2022 lalu.

Menurut Syaihul, jenazah Watiah langsung dimakamkan di area pemakaman Syaore, Kota Makkah, Arab Saudi. Perwakilan Kemenag Kabupaten Pasuruan juga sudah mendatangi kediaman keluarga almarhumah untuk melaksanakan doa bersama.

“Kami sudah ke rumah duka untuk melakukan tahlil dan doa secara bergantian,” ungkapnya.

Terkait dengan kepulangan jamaah haji, Syaihul menyatakan bahwa kini pihaknya tengah melakukan beberapa persiapan teknis. Berdasarkan jadwal, diperkirakan kloter pertama akan pulang pada Minggu 24 Juli, disusul kloter kedua pada Rabu 27 Juli, dan kloter ketiga pada 28 Juli.

“Untuk kepulangan kloter jamaah haji akan dibagi dalam beberapa tahap, ” pungkasnya. (emn/gus).