Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Sosial & Budaya · 24 Jul 2015 19:26 WIB ·

Ibu-ibu Rumah Tangga Pun Juga Ikut Lomba Balap Skilot


Ibu-ibu Rumah Tangga Pun Juga Ikut Lomba Balap Skilot Perbesar

Lekok (Kabarpas.com) – Ada pemandangan yang berbeda dengan lomba balap skilot yang digelar oleh Warga Desa Tambak Lekok, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan. Kali ini, dalam lomba balap skilot yang digelar setiap momen lebaran ketupat itu, tidak hanya diikuti oleh para pria dan anak-anak saja. Melainkan ibu-ibu rumah tangga pun juga ikut dalam lomba yang merupakan tradisi tahunan warga setempat tersebut.

Pantauan Kabarpas.com di lokasi, tiga orang ibu-ibu rumah tangga tampak begitu semangat dalam mengikuti lomba balap skilot di atas lumpur, yang ada di salah satu tambak di desa setempat.

Rochmah (32), salah satu peserta balap skilot mengaku, sebelum mengikuti lomba dirinya sudah memiliki persiapan khusus, yakni dengan mencari ikan di pesisir pantai dengan menggunakan papan untuk menguatkan kakinya ketika akan mengikuti balap skilot.

“Biasanya saya berlatih dengan mencari kerang di pesisir pantai agar kaki bisa kuat saat mendorong papan skilot. Akan tetapi, pada balap skilot sekarang ini sangat susah, karena airnya terlalu banyak sehingga untuk mendorong papan pun membuat diri saya gampang lelah,” ucap perempuan berwajah hitam manis tersebut.

Sementara itu, Kepala Desa Tambak Lekok, Sudarto Tohir Akbar mengatakan, bahwa skilot ini merupakan tradisi turun temurun berselancar dan beradu kecepatan di atas lumpur dengan menggunakan sebilah papan kayu sepanjang 1 meter dengan lebar 25 centimeter.

“Pada lomba ski lot kali ini diikuti oleh sebanyak 50 peserta yang merupakan warga sini. Para peserta yang berhasil mencapai finish terlebih dulu. Maka dialah pemenangnya, dan untuk pemenang lomba ini akan kami berikan hadiah sebuah televisi berukuran 14 inchi,” pungkas pria berkacamata tersebut. (ajo/uje).

Artikel ini telah dibaca 14 kali

Baca Lainnya

Resepsi HUT ke-41, FKPPI Probolinggo Bagikan Ratusan Sembako

12 September 2019 - 23:51 WIB

Opini : Impor Guru Sebagai Bentuk Penjajahan Baru?

15 Mei 2019 - 12:30 WIB

Empat SMP di Kabupaten Probolinggo Dinilai Tim Verifikasi Adiwiyata Jatim

27 April 2019 - 19:00 WIB

Pameran Expo Pembangunan Tampilkan Produk Unggulan UKM

27 April 2019 - 18:20 WIB

Ungkapan Rasa Syukur, Pemkab Probolinggo Tasyakuran dengan Potong Tumpeng

18 April 2019 - 17:22 WIB

Pemkab Probolinggo Sosialisasikan Fasilitasi HKI

6 Maret 2019 - 08:56 WIB

Trending di KABAR NUSANTARA