Hujan Deras, Kawasan Menuju Wisata Bromo Longsor

Probolinggo, Kabarpas.com – Tanah longsor terjadi di kawasan menuju wisata Gunung Bromo, tepatnya di Dusun Jurang Perahu, Dusun Jurang Jontro, Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

Salah satu sopir Jeep, Didik Pranoto mengatakan longsor ini terjadi pada Rabu (24/11/2021) sore akibat diguyur hujan deras. Selain longsor juga ada pohon yang tumbang menghalangi jalan.

“Selain tanah longsor juga ada pohon yang menghalangi jalan, untuk sementara masyarakat berusaha membersihkan material longsor dengan alat seadanya (Rabu) agar bisa dilewati kendaraan meski dengan sistem buka tutup. Kamis, (25/11/2021).

Sementara itu Bati Wanmil Kormil Sukapura, Pelda N Dodik H, mengatakan saat ini warga bersama Koramil, Polsek Sukapura, Pramuka, BPBD, relawan dan Tagana melakukan kerja bakti di titik-titik longsor.

“Sekitar 130 personil bergotong royong membersihkan material longsor, agar jalur menuju wisata ini dimungkinkan hari ini (Kamis.red) selesai dan bisa dilewati,” ujar Dodik.

Selain 130 personil. Lanjut Dodik, alat berat dari dinas PUPR Kabupaten Probolinggo juga dikerahkan untuk membersihkan material longsor dan pohon tumbang.

“Alat berat dari Dinas PUPR Kabupaten Probolinggo dikerahkan, semoga secepatnya selesai,” pungkasnya. (pj/ida).