Heboh, Turis Kencing di Kawah Bromo

Probolinggo, kabarpas.com – Jagad maya dihebohkan dengan beredarnya video unggahan wisatawan asing kencing di kawah Gunung bromo, Probolinggo di akun @hometown.earth di jejaring instagram. Aksi wisatawan bule tersebut mendapat respon negatif netizen dan masyarakat Gunung Bromo.

Salah satu warga sekaligus Ketua PHRI Kabupaten Probolinggo Digdoyo Djamaludin menuturkan, aksi bule tersebut tidak pantas dilakukan karena gunung Bromo merupakan tempat yang suci dan sakral bagi warga Tengger.

“Tidak Pantas, gunung Bromo selain dianggap warga Tengger Suci, Sakral, Bromo dipercaya nenek .oyangnya (Joko tengger dan Roro anteng,“ ujar Digdoyo. Rabu (14/9/2022).

Didgoyo Djamaludin yang akrab dipanggil Yoyok menyebut, warga mendesak wisatawan asing yang bersangkutan segera meminta maaf, tindakan itu dianggap melecehkan kawasan sakral dan menodai adat budaya Tengger.

“Mendesak yang bersangkutan meminta maaf, karena tempat tersebut sa?ral dan menodai adat budaya tengger,” tambahnya.

Yoyok berharap pengelola wisata lebih banyak memasang papan nama peringatan tentang tempat-tempat sakral di kawasan Bromo agar kejadian serupa tidak terjadi lagi,” pungkasnya. (wil/gus).