Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Headline News · 15 Jun 2023 22:55 WIB ·

Heboh, Perhiasan Emas hingga Puluhan Gram Warnai Tradisi Ater Hajian Warga Gili Ketapang   


Heboh, Perhiasan Emas hingga Puluhan Gram Warnai Tradisi Ater Hajian Warga Gili Ketapang    Perbesar

Probolinggo, kabarpas.com – Ada yang menarik saat  tradisi Ater Hajian atau  mengantar keberangkatan calon haji yang digelar warga Pulau Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo,  Kamis (15/06/2023). Selain ratusan warga naik iringan perahu hiasi, mereka (pengantar calon haji )  juga memakai perhiasan seperti kalung, gelang, liontin dari emas yang menghiasi tubuhnya.

Bahkan, tak tanggung-tanggung total berat perhiasan emas  yang dipakai tersebut bisa mencapai belasan hingga puluhan gram. Dan berat perhiasan emas tergantung tingkat kemapanan masyarakat setempat.

Kepala Desa Gili Ketapang, Munir menyebut memakai emas memang kebiasaan warga Gili di setiap ada acara, seperti hajatan pesta perkawinan, perayaan dan Ater Hajian.

“Warga Gili Ketapang lebih suka menabung emas, karena bila dibutuhkan bisa dijual sewaktu-waktu” ujar Munir kepada Kabarpas.com.

Selain itu, tambah Munir memakai perhiasan emas, merupakan prestise tersendiri bagi masyarakatnya, dengan semakin banyak perhiasan yang dipakai  maka semakin modis.

“Tidak hanya orang tua saja, remaja hingga anak-anak wanita di sini juga gemar memakai perhiasan emas,”  terangnya.

Tambahan informasi, Calon Haji dari Pulau Gili Ketapang yang berangkat ke Tanah Suci Makkah pada tahun ini berjumlah sebanyak 48 CJH. 48 CJH tersebut berangkat ke tanah suci dari Pulai Gili Ketapang diarak belasan perahu hias menuju Pelabuhan Tanjung Tembaga.

Sebelum berangkat ke Asrama Haji  Sukolilo, para CJH kumpul terlebih dahulu di Tongas, lalu kemudian berangkat bersama dengan para CJH se-Kabupaten Probolinggo di Miniatur Kabah dengan diantar ratusan warga. (wil/ian).

Artikel ini telah dibaca 34 kali

Baca Lainnya

Pemkab Probolinggo Gelar Audit Kasus Stunting

11 Juli 2024 - 08:12 WIB

Ratusan Pengurus PKK di Probolinggo Dibekali Pelatihan Kerajinan Anyaman Tas

9 Juli 2024 - 23:00 WIB

Program Padat Karya, Disnaker Lakukan Pembangunan Jalan Rabat Beton

6 Juli 2024 - 20:31 WIB

Apresiasi Haji 2024, Menko PMK Sebut Banyak Perbaikan dari Murur hingga Tata Kelola Dam

5 Juli 2024 - 10:08 WIB

Pemkab Probolinggo Launching Aplikasi Pesan Pubers Berbasis Web

5 Juli 2024 - 10:03 WIB

Ratusan Atlet Ramaikan Kejuaraan Renang KONI Cup Antar Perkumpulan 2024

2 Juli 2024 - 20:12 WIB

Trending di Kabar Probolinggo