Haul Mbah Kiai Abdul Hamid Pasuruan, Kelurahan Kebonsari Dipenuhi Lautan Manusia

Reporter : Abdur Rozaq

Editor : Titin Sukmawati

 

Pasuruan, Kabarpas.com – Peringatan haul ke-37 Mbah Kiai Abdul Hamid Pasuruan yang diselenggarakan Sabtu (17/11/2018), menyedot puluhan ribu jamaah dari berbagai daerah. Bukan hanya dari dalam Kota dan Kabupaten Pasuruan, para jamaah juga datang dari berbagai kota, bahkan dari luar pulau. Kehadiran para jamaah dari luar pulau tersebut terbukti dengan berbagai plat nomor kendaraan yang diparkir di berbagi titik lokasi.

Di lapangan, tampak lautan manusia itu meluber mulai lokasi acara haul di kediaman almarhum di Jalan Jawa, hingga radius ratusan meter.

Para jamaah bukan hanya terkonsentrasi di Jalan Jawa, namun juga di Jalan Niaga, Jalan Nusantara, serta Jalan Diponegoro Kota Pasuruan juga dipadati para jamaah.

Selain mengikuti prosesi rangkaian acara haul di depan panggung dekat kediaman almarhum, masyarakat juga tersebar di warung-warung kopi.

Menurut Edi, relawan Banser asal Puger, Kabupaten Jember, haul Mbah Kiai Abdul Hamid kali ini mengalami kenaikan peziarah.

“Setiap tahun saya rutin hadir, mas. Tahun ini jauh lebih banyak peziarah yang hadir. Kawan-kawan Banser Pasuruan sepertinya butuh bantuan, maka secara spontan saya ikut andil, tuturnya kepada Kabarpas.com di lokasi.

Sementara, Nahrawi, pedagang kopi asal Petamanan Kota Pasuruan juga mengaku kewalahan melayani pembeli di warungnya.

“Alhamdulillah ramai. Saya kewalahan sampai bawa anak-istri untuk membantu,” tuturnya seraya sibuk melayani pembeli di warungnya. (zaq/tin).