Hasil Swab Positif, Satgas Covid-19 Kabupaten Probolinggo Akan Tracing Massal

Reporter : Moch Wildanov

Editor : Titin Sukmawati

 

 

Probolinggo, Kabarpas.com – Hasil Swab terhadap jenazah berinisial M (70), warga Desa Gunggungan Lor, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo keluar dan hasilnya positif.

Satgas Covid -19 Kabupaten Probolinggo secepatnya akan melakukan tracing massal terhadap warga setempat termasuk kerabat.

Pasalnya, jenazah tersebut sempat dilakukan penolakan dan perlawanan oleh puluhan warga saat hendak dilakukan pemulasaran secara prokes kesehatan. Sehingga dikhawatirkan mereka terjadi kontak dengan pasien meninggal dan rentan tertular Covid -19.

Koordinator gakkum Covid -19 Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto membenarkan hasil swab terhadap jenazah yang ditolak warga saat hendak dilakukan pemakaman positif.

“Iya benar hasil Swab dari rumah sakit Rujukan Covif -19, hasilnya positif,” tutur Ugas kepada wartawan Kabarpas.com. biro Probolinggo.

Saat ini petugas berkoordinasi dengan instansi terkait, untuk melakukan langkah tepat memutus mata rantai covid -19 di Kabupaten Probolinggo.

“Sesuai dengan prosedur, petugas akan melakukan tracing massal terhadap masyarakat, atau kerabat yang kontak dengan jenazah pada saat proses pemakan,” terang Ugas.

“Kita lihat dulu hasilnya dan bila negatif kita akan melakukan proses lebih lanjut termasuk siapa provokator dalam kejadian beberapa hari lalu. Namun, kita belum melangkah ke sana (jeratan hukum) sebab petugas masih akan melakukan tracing massal secepatnya terlebih dahulu,” tambahnya.

Seperti dikabarkan sebelumnya, terjadi penolakan dan penyerangan yang dilakukan puluhan warga terhadap petugas yang hendak memakamkan pasien meninggal probable Covid -19, Minggu (4/10/2020).

Suasana tegang dan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, petugas pemulasaran akhirnya membatalkan pemakaman. (wil/tin).