Hasil Rekapitulasi KPU, Pasangan Azwar Anas – Yusuf Unggul Pilkada Banyuwangi

Banyuwangi (Kabarpas.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuwangi, Kamis, (17/12/2015) siang tadi menggelar rapat pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara pada Pilkada Banyuwangi 9 Desember lalu.

Rapat pleno rekapitulasi ini berlangsung di Gedung Wanita Paramitha Kencana. Dari hasil rekapitulasi, diketahui pasangan calon (Paslon) nomor urut 1 Abdullah Azwar Anas dan Wakilnya Yusuf Widyatmoko unggul dengan 88,96 persen suara. Sedangkan Paslon nomor urut 2 Sumantri dan Sigit hanya memperoleh 11,03 persen suara.

“Dari total suara yang dihitung berjumlah 776.495 suara, Paslon nomor urut 1 mendapatkan 680.365 suara. Sedangkan nomor urut 2 mendapatkan 84.431 suara. Sementara untuk surat suara yang tidak sah berjumlah 11.699 suara,” kata Syamsul  Arifin, Ketua KPU Kabupaten Banyuwangi kepada Kabarpas.com.

Syamsul menambahkan, dalam pilkada kali ini partisipasi masyarakat menurun. Hal itu terlihat dari presentase masyarakat yang menggunakan hak pilihnya hanya mencapai 59,47 persen, dan yang tidak menggunakan hak pilihnya 40,53 persen.

“Ini karena banyaknya warga Banyuwangi yang bekerja di luar negeri, tidak pulang pada pelaksanaan pencoblosan 9 Desember lalu, ”jelas Syamsul kepada Kabarpas.com.

Sementara itu, Ketua Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Banyuwangi, Atim Hariyadi mengatakan, hasil penghitungan suara yang dilakukan KPU ini sudah sesuai dengan hasil yang dilakukan oleh Panwaslih.

“Hasil perolehan suara dari tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga PPK sudah sama.” Pungkas Atim. (dik/gus).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *