Hadapi Musim Hujan, Puluhan Relawan LPBINU Kota Pasuruan “Digembleng” Penanganan Bencana Alam

Pasuruan, Kabarpas.com – Puluhan relawan Lembaga Penanggulangan Bencana Indonesia Nahdlatul Ulama (LPBINU) Kota Pasuruan, “digembleng” penanggulangan bencana alam di Desa Kemiri, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan.

Bertindak sebagai instrukturnya adalah Edi, salah seorang pengurus LPBINU Kota Pasuruan. Selain untuk mempertebal kemampuan para relawan, latihan ini juga bertujuan untuk mengantisipasi bencana yang bisa datang saat musim penghujan datang, tanah longsor, banjir, dan lain-lain. Latihan vertikal rescue ini dilakukan dengan standart safety dan sesuai SOP.

Dalam latihan diajarkan cara melakukan tehnik rapling dan vertikal prusik. Para relawan melakukan kegiatan di dari atas jembatan dan menuju sebuah sungai di Desa Kemiri.

Ketua LPBINU Kota Pasuruan, Dian Rahmadin Akbar mengatakan, kalau musim penghujan kemungkinan akan segera datang, dan untuk mengantisipasi akan hal itu para relawan harus dipersiapkan dengan matang.

“Kegiatan latihan ini merupakan latihan vertikal rescue dengan standart safety dan sesuai SOP,” terang Akbar kepada Kabarpas.com. (ajo/gus).