Gus Ipul Intruksikan Jajaran RT hingga Kecamatan Ajak Warganya yang Punya Anak untuk Berimunisasi


Pasuruan, Kabarpas.com – Wali Kota Pasuruan H. Saifullah Yusuf (Gus Ipul) meresmikan Kick Off layanan terpadu tumbuh kembang Penanganan Masalah Gizi Terintegrasi (ANGSAL GISI). Pelaksanaan Kick Off perdana ini dilaksanakan di Puskesmas Kandangsapi, Kamis (23/06/2022).

Dalam sambutannya, Gus Ipul menyampaikan peresmian layanan terpadu ANGSAL GISI ini ditindaklanjuti dengan gerakan tingkatkan imunisasi untuk anak. Masih banyak orang tua yang belum megikuti program imunisasi anak. Dengan adanya layanan terpadu ini mengajak para orang tua untuk mengajari betapa pentingnya imunisasi

“Setelah peresmian perdana layanan terpadu ANGSAL GISI ini yang harus ditindaklanjuti adalah gerakan meningkatkan imunisai untuk anak. Masih banyak orang tua yang belum mengikuti program imunisasi, maka dari itu dengan adanya layanan ini dapat mengajak ibu-ibu untuk mencanangkan gerakan imunisasi,” kata Gus Ipul.

Sebagaimana telah diketahui kenaikan pervalensi stunting di tahun 2020 19,06% menjadi 23,7% di tahun 2021. Sedangkan target Kota Pasuruan sendiri ditahun 2024 menurunkan pervalensi stunting hingga 14%.
“Inilah yang menjadi PR kita untuk bisa mencapai target di Tahun 2024 angka stunting turun menjadi 14%, supaya anak tetap sehat,” ujar Gus Ipul.

Gus Ipul juga menyampaikan status kesehatan anak yang lengkap didukung dengan imunisasi yang lengkap, nutrisi yang cukup dan pola asu keluarga yang baik.


“Saya ingin peresmian ANGSAL GISI ini benar-benar dapat memicu kesadaran bagi masyarakat membuat anak menjadi sehat. Dengan cara rutin imunisasi untuk anak, selain daripada itu pola asu yang baik terutama melakukan stimulasi dan deteksi dini tumbuh kembang anak secara optimal,” jelas Gus Ipul.

Menurut Gus Ipul deteksi dini tumbuh kembang dapat dilakukan secara mandiri di rumah. Dengan memperhatikan pertumbuhan anak dan mendorong untuk tetap berolahraga menjaga kesehatan anak.
“Pola asu yang baik adalah mengajari anak untuk membaca, mendorong untuk berolahraga ini semua adalah pembelajaran kesehatan melalui olahraga. Kalau orang tua terus memperhatikan tumbuh kembang anak akan lebih mudah menumbuhkan kedekatan emosi yang baik,” paparnya.

Pada kesempatan ini Gus Ipul juga menginstruksikan seluruh jajaran mulai dari tingkat Kecamatan, Kelurahan hingga di tingkat RT dan RW untuk meningkatkan imunisasi dan menjaga anak tetap sehat. Dengan adanya layanan terpadu ini dapat menggerakkan masyarakat memanfaatkan layanan ini dengan baik.

“Untuk itu lewat layanan terpadu ini diharapkan masyarakat lebih mudah mengakses jika memerlukan layanan-layanan yang diperlukan untuk mereka. Tentu ini dibantu dengan Pak Camat, pak Lurah, sampai dengan RT RW menggerakkan warganya yang memiliki anak untuk imunisasi,” pungkas Gus Ipul. (ajo/ida)..