Gus Ipul Canangkan Wisata Bahari di Pelabuhan Kota Pasuran

Pasuruan , Kabarpas.com – Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) didampingi Pj. Sekretaris Daerah Kota Parusuan, Asisten II Bidang Perekonomian Dan Pembangunan, Asisten III Bidang Administrasi Umum Dan  Kesejahteraan Rakyat, Kepala Bappelitbangda, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Kepala Dinas PUPR, serta Kabag Pemerintahan dan Kerjasama melakukan kunjungan kerja ke PT. Pelindo III Surabaya dalam ramgka kerjasama pengelolaan aset PT. Pelindo III dalam hal ini Pelabuhan Tanjung Tembikar Kota Pasuruan.  Kunjungan yang disambut hangat oleh Komisaris Utama PT. Pelindo III, Direktur Pengembangan Bisnis beserta jajarannya diselenggarakan di Latai 5 A Auditorium PT. Pelindo III Surabaya.

Selain menjelaskan tentang konsep Pasuruan Kota Madinah dan memaparkan persoalan yang dihadapi Kota Pasuruan, dalam kesempatan ini Gus Ipul juga menyampaikan potensi yang dimiliki oleh Kota Pasuruan, salah satunya yaitu Pelabuhan Tanjung Tembikar.

“Mengingat bahwa pada zaman dahulu pelabuhan Tanjung Tembikar memiliki peran strategis dalam bidang perdagangan dan jasa bagi masyarakat Pasuruan dan wilayah sekitarnya. Untuk itu saya ingin mengembalikan kejayaan pelabuhan Tanjung Tembikar dengan memanfaatkan segala potensi yang ada. Salah satunya yakni melalui pembangunan pelabuhan sebagai infrastruktur strategis yang berkelanjutan,” ujar Gus Ipul.

Lebih lanjut Gus Ipul mencanangkan program pengembangan pelabuhan menjadi wisata bahari yang terintegrasi dengan wisata religi dan wisata heritage di Kota Pasuruan. Nantinya Pelabuhan Tanjung Tembikar tidak hanya dijadikan sebagai tempat menangkap ikan, melainkan sebagai pusat kuliner ikan, wisata bahari, sarana transportasi laut, dan wisata heritage yang dimiliki Kota Pasuruan.

Sejalan dengan langkah percepatan implementasi 99 Hari Kerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pasuruan yang salah satunya adalah Pengembangan Wisata Bahari dan Revitalisasi Kawasan Pelabuhan, maka Gus Ipul berharap kedepannya perlu ada kerjasama dan koordinasi sinergis antara pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dan Pemerintah Kota Pasuruan khusunya dengan PT. Pelindo III Surabaya.

Kota Pasuruan sebagai kota penyangga bagi kota-kota di sekitarnya senantiasa mengoptimalkan pembangunan infrastruktur dan memanfaatkan segala bentuk potensi yang dimiliki demi mengejar ketertinggalan dari kota-kota lainnya. Dengan harapan dari pembangunan tersebut dapat mendongkrak perekonomian masyarakat dan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Pasuruan. (ajo/gus).