Gus Ipul Ajak Tokoh Agama di Kota Pasuruan Jaga Kerukunan Antar Umat

Pasuruan, Kabarpas.com – Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) didampingi Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo (Mas Adi) secara resmi membuka kegiatan Fasilitas Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Tahun 2021, di Rumah Makan Nikmat Rasa. Acara ini dihadiri oleh Plt. KepalaBakesbangpol Kota Pasuruan, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Dan Statistik Kota Pasuruan, Ketua FKUB Kota Pasuruan serta seluruh tokoh agama dan penghayat kepercayaan di Kota Pasuruan, serta para Perangkat Daerah lainnya terkait.

Mengingat bahwa Kota Pasuruan menjadi salah satu kota di Indonesia yang pluralis dengan beragam pemeluk agama di dalamnya, Gus Ipul menyampaikan kerukunan antar umat beragama di Kota Pasuruan yang hingga kini terus terjalin merupakan warisan masa lalu yang patut dijaga dan dilestarikan.

“Mari kita jaga kerukunan antar umat karena kita hanya tinggal meneruskan bagaimana cara agar bisa tetap rukun, guyup, mengembangkan semangat toleransi, saling menghormati, dan saling menghargai. Mudah-mudahan kedepan bisa tetap terjaga di Kota Pasuruan ini,” terang Gus Ipul.

Selain itu, melalui FKUB ini Gus Ipul berharap warisan krukunan antar umat yang terjalin selama ini dapat diperkuat sehingga visi Pasuruan Kota Madinah (maju ekonominya, indah kotanya, harmoni warganya) dapat tercapai.

Tidak hanya menjelaskan terkait titik nol Kota Pasuruan, dalam acara ini Gus Ipul juga membahas makna kerukunan antar umat beragama termasuk peran FKUB dalam mewujudkan Pasuruan Kota Madinah, seperti mengadakan dialog antar tokoh agama dan tokoh masyarakat, menampung aspirasi ormas keagamaan dan antar umat beragama, serta menjadi mediator antar umat beragama.

 Sebelum fasilitasi FKUB dibuka, Gus Ipul menyampaikan bahwa salah satu penunjang keberhasilan program pembangunan Kota Pasuruan sangat bergantung pada situasi yang aman, damai, rukun, sejahteradan tentram maka Gus Ipul berharap FKUB melalui tokoh agama masing-masing dapat memainkan perannya untuk mewujudkan kerukunan antar umat beragama di Kota Pasuruan. (ajo/gus).