Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Kabar Pasuruan · 23 Jun 2024 08:30 WIB ·

Gus Ipul Ajak SD Al-Anwar Ikut Majukan Dunia Pendidikan di Kota Pasuruan


Gus Ipul Ajak SD Al-Anwar Ikut Majukan Dunia Pendidikan di Kota Pasuruan Perbesar

Pasuruan, Kabarpas.com – Wali Kota Pasuruan, H. Saifullah Yusuf menghadiri Purnawiyata dan Khotmil Qur’an SD Al Anwar Kota Pasuruan yang berlangsung di RM. Kebon Pring Kota Pasuruan.

Dengan mengusung tema “Melangkah ke Puncak Ilmu: Meraih Bintang dan Menggapai Al-Quran”, sebanyak 29 siswa/i dikukuhkan sebagai Purnawiyata ke-7, sementara Khotmil Qur’an diikuti oleh 25 siswa/i. Dalam pelepasan tersebut, para siswa turut memeriahkan acara dengan memberikan penampilan terbaik mereka di atas panggung.

Wali Kota yang akrab disapa Gus Ipul itu dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada semua murid yang telah lulus melewati proses belajar mengajar.  Ia berharap kepada anak-anak agar senantiasa rajin belajar dan beribadah agar nantinya menjelma menjadi generasi quran yang cerdas dan berwawasan menuju masa depan gemilang.

“Selamat kepada anak-anakku yang hari ini telah lulus. Semoga ilmu yang telah didapatkan menjadi ilmu yang berkah mengantarkan pada masa depan yang baik dan gemilang,” ujar Gus Ipul.

Gus Ipul mengatakan bahwa salah satu alat ukur kemajuan Kota Pasuruan adalah bagaimana dunia pendidikan kita dapat memenuhi indikator-indikator yang telah ditentukan. Wali kota turut memberikan apresiasi kepada para guru atas segala usaha, bimbingan, dan ilmu yang telah diberikan selama proses belajar mengajar kepada siswa dan siswi SD Al-Anwar.

“Yang saya andalkan salah satunya SD Al-Anwar. Terimakasih kepada guru. Saya minta untuk terus berprestasi, mulai dari upaya terus berinovasi, sarana prasarananya yang mencukupi, serta ditambah dengan kreatifitas para anak murid, ini yang disebut dengan prestasi. Mari ikut berkontribusi untuk ikut memajukan dunia pendidikan di Kota Pasuruan,” ucapnya.

Gus Ipul juga mengungkapan dalam memilih pendidikan anak, yang paling penting yang harus diperhatikan adalah siapa yang mendirikan dan yang mengelola lembaga pendidikan tersebut. Ia menyebutkan bahwa Al-Anwar menjadi salah satu sekolah swasta berbasis agama islam yang mengajarkan tingkah laku dan budi pekerti menurut tuntunan agama Islam.

“Kita membutuhkan lembaga pendidikan yang memastikan anak-anak kita yang akidahnya sesuai dengan akidah agama yang selama ini diajarkan oleh para guru, sesepuh terdahulu. Sebab kita ingin pada akhirnya anak cucu kita bersama para guru dan Rasulullah SAW di surgaNya Allah SWT,” kata Gus Ipul.

Gus Ipul juga turut mengajak untuk bersama-sama menjaga kebersihan. Ia ingin agar kebersihan ini menjadi modal besar untuk memajukan Kota Pasuruan khususnya pada dunia pendidikan.

“Saya mengapresiasi Al-Anwar meskipun dengan ruangan yang kecil tapi tampak bersih. Mari terus menjaga kebersihan. Sebab jika kebersihan ini mampu kita jaga, insyaAllah membawa keberkahan, dan kebaikan-kebaikan yang lain akan datang,” terangnya.

Turut hadir dalam acara ini yaitu dari Kemenag Kota Pasuruan, MUI Kota Pasuruan, Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Pasuruan, Dewan Pendidikan Kota Pasuruan, serta sejumlah tokoh-tokoh penting yang ada di Kota Pasuruan.

Untuk sekadar diketahui, SD Al-Anwar Kota Pasuruan merupakan milik masjid Agung Al-Anwar dan satu-satunya SD di Kota Pasuruan yang berbasis Islami menerapkan sistem belajar di sekolah full day. Tak hanya itu, SD Al-Anwar yang berada di dalam area Masjid Agung Kota Pasuruan menerapkan para siswa-siswinya untuk tidak lupa salat dhuha serta salat dhuhur secara berjamaah di dalam masjid jami’ Al Anwar. Tak ayal jika banyak orang dan wali murid yang merasa senang memilih putra-putrinya untuk bersekolah di sini, karena mereka mengaku melihat kebiasaaan baik anak-anaknya di rumah yang langsung berangkat ke masjid ketika mendengar adzan berkumandang.

“Saya terharu ketika di rumah melihat anak saya langsung berangkat ke masjid saat mendengar suara adzan berkumandang. Dan ketika saya tanyakan ke anak saya, itu dikarenakan kebiasaan di sekolahnya yang membiasakan mengajak para siswanya salat berjamaah di dalam masjid jami’ Al – Anwar,” ujar Dr. Mochammad Taufik, salah satu perwakilan siswa yang diwisuda saat memberikan sambutan. (dit/gus).

Artikel ini telah dibaca 712 kali

Baca Lainnya

Dewan Pertimbangan MUI Kabupaten Pasuruan Ajak Ormas Islam Serukan Bahaya Judi Online

24 Juli 2024 - 18:50 WIB

Gus Ipul Ajak Kepala Sekolah hingga Orang Tua Deklarasi Sekolah Aman 

24 Juli 2024 - 12:41 WIB

MPM Honda Jatim Kenalkan #cari_aman Pada Guru PG TK 

24 Juli 2024 - 11:38 WIB

Diperta Probolinggo Gelar Bimtek Peningkatan Kualitas Bahan Baku Tembakau Melalui GHP

24 Juli 2024 - 08:29 WIB

Peringati HAN, RSUD Waluyo Jati Berikan Penyuluhan dan Pola Asuh Anak

23 Juli 2024 - 21:16 WIB

Dua Komplotan Maling Spesialis Mobil Pikap di Pasuruan Ditangkap

23 Juli 2024 - 20:31 WIB

Trending di Berita Pasuruan