Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Kabar Pasuruan · 24 Jun 2024 19:47 WIB ·

Gelar Aksi Grebek Stunting, Gus Ipul Tekankan Pentingnya Gizi Seimbang


Gelar Aksi Grebek Stunting, Gus Ipul Tekankan Pentingnya Gizi Seimbang Perbesar

Pasuruan, Kabarpas.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan terus berupaya dalam menekan angka stunting di Kota Pasuruan, hal ini dibuktikan dengan digelarnya aksi Grebek Stunting (Gerakan Bersama Stop Stunting) bertempat di Kelurahan Kebonagung Kota Pasuruan pada Senin, (24/6/2024).

Pada kesempatan ini, Walikota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) yang hadir didampingi oleh istri sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pasuruan, Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf, dalam sambutannya menyampaikan bahwa persoalan stunting di Kota Pasuruan menjadi isu prioritas yang perlu dituntaskan.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat turut mensejaterahkan warga Kota Pasuruan salah satunya melalui gerakan pencegahan stunting. Karena yang kita ketahui bersama, masih ada anak-anak di Kota Pasuruan yang masuk dalam kategori stunting,” ujar Gus Ipul.

Walikota menyebutkan bahwa aksi Grebek Stunting yang juga telah digelar pada tahun yang lalu dinilai mampu memberikan dampak signifikan bagi penurunan stunting. Dari angka stunting pravelansi stunting sebesar 18% turun hingga tembus angka 11,7% yang diharapkan dapat terus turun hingga nol kasus stunting.

“Ini semua berkat usaha Bapak/Ibu yang telah memberikan makanan bergizi kepada anak-anak. Hal ini juga menjadi stimulus Pemkot Pasuruan untuk terus memberikan bantuan makanan sehat. Harapannya, Bapak/Ibu dapat melanjutkan pemberian kebutuhan gizi yang cukup bagi anak sehingga tidak ada lagi kasus stunting,” ujar Gus Ipul.

Untuk itu, dalam upaya percepatan pencegahan stunting, Gus Ipul menekankan pentingnya pemberian gizi yang seimbang. Ia mengajak para orang tua agar senantiasa membiasakan makanan yang sehat bagi anak-anak.

“Mari kita sayangi anak-anak kita dengan makanan yang sehat. Usahakan untuk tidak memberikan makanan yang sembarangan. Cukupi gizi anak-anak kita dengan makanan yang sehat,” kata Gus Ipul.

Lebih lanjut Gus Ipul menerangkan, upaya ini dilakukan sebab anak-anak pada usia 0-6 tahun disebut dengan usia emas atau golden age. Dimana pada masa ini adalah periode yang sangat penting bagi pembentukan kecerdasan otak anak yang juga menjadi komponen dasar untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang hebat menuju Indonesia Emas 2045.

“Anak-anak kita di masa depan bisa menjadi orang yang hebat jika hari ini mengonsumsi makanan yang sehat, karena usia emas menjadi kunci pembentukan kecerdasan otak anak,” ucap Gus Ipul.

Gus ipul turut mengingatkan peran penting menjaga kebersihan dalam pencegahan stunting. Utamanya adalah kebersihan toilet, sebab sanitasi yang buruk mendekatkan anak pada risiko ancaman penyakit infeksi.

“Mari kita jaga kebersihan rumah kita dari bagian yang belakang terlebih dahulu, yakni kebersihan toilet yang erat kaitannya dengan masalah stunting,” terangnya.

Dalam rangkaian aksi Grebek Stunting ini, turut dilakukan pembagian bantuan sosial berupa makanan sehat yakni telur, susu, sayur dan buah bagi puluhan balita di Kelurahan Kebonagung.

Kegiatan dilanjutkan dengan SOTH atau Sekolah Orang Tua Hebat dengan memberikan pemahaman mengenai pentingnya memberikan makanan bergizi seimbang kepada anak-anak. Diharapkan dengan edukasi ini, para orang tua dapat lebih peduli terhadap masalah gizi anak agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai tahap usianya.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua TP PKK Kota Pasuruan, Camat Purworejo, Lurah Kebonagung, Kader Kesehatan, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), serta tamu undangan lainnya. (ajo/gus).

Artikel ini telah dibaca 5 kali

Baca Lainnya

Pemkab Trenggalek Juara 1 LMSI Tingkat Provinsi Jatim 2024

20 Juli 2024 - 20:33 WIB

Jemaah Haji Masih Dirawat di Rumah Sakit Saudi Tetap Jadi Tanggung Jawab Pemerintah Indonesia

20 Juli 2024 - 17:21 WIB

Hari Bhakti Adhyaksa ke-64, Kejari Gelar Senam Bersama dan Pasar Murah

20 Juli 2024 - 16:48 WIB

Makna Mendekat

20 Juli 2024 - 08:57 WIB

6.610 Petani Tembakau di Probolinggo Sumringah Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan

19 Juli 2024 - 20:06 WIB

Bersinergi dengan Dishub, MPM Honda Jatim Kampanyekan #Cari_Aman untuk Pelajar di Moment MPLS 

19 Juli 2024 - 19:43 WIB

Trending di Kabar Otomotif