Gara-gara Ulah Monyet Gelantungan di Kabel, Aliran Listrik di Sejumlah Desa di Probolinggo Padam

Reporter : Moch Wildanov

Editor : Agus Hariyanto

Probolinggo, kabarpas.com – Akibat ulah monyet liar bermain di kabel tegangan menengah, membuat aliran listrik di beberapa desa di Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo padam. Akibat kejadian ini seekor monyet tewas tersengat listrik tegangan 20 KV.

Humas PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Probolinggo, Beny Setiawan mengatakan, kejadian padam meluas ini terjadi pada Senin (25/1/2021) sore menjelang malam, dan trouble tersebut sudah teratasi. Bahkan, monyet yang mati tersengat di Desa Sekarputih, Kecamatan Lumbang sudah dievakuasi.

“Benar terjadi trouble akibat gangguan monyet, dan pemadaman meluas karena yang terganggu tegangan listrik menengah 20 KV, dan monyet sudah dievakuasi,” ujar Beni kepada Kabarpas.com. Selasa (26/1/2021).

Secara teknis tambah Beni, sudah teratasi, dan bila pelanggan masih mengalami gangguan, diperkirakan hal tersebut adalah pemadaman seri. Teknisi sampai saat ini terus melakukan lokalisir untuk mencari tahu titik troble.

“Kalau memang masih terjadi pemadaman itu pemadaman ser,” ujarnya kepada wartawan Kabarpas.com biro Probolinggo.

Beni menambahkan, untuk mengatasi hal serupa PLN sudah memasang papan imbauan dan selalu memberikan sosialisasi ke masyarakat, agar jaringan kabel listrik terbebas dari ranting pepohonan dan bangunan rumah.

“Kita pasang papan imbauan di setiap tiang listrik, dan masyarakat kita berikan sosialisasi,” tambahnya.

Diharapkan kerjasama masyarakat untuk selalu berkoordinasi dan menghubungi call center PLN bila ada kendala.

“PLN selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik buat pelanggan,” tutupnya. (wil/gus).