Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Berita Pasuruan · 30 Mar 2024 22:28 WIB ·

FPK Jatim Bagikan Paket Sembako untuk Seniman di Pasuruan


FPK Jatim Bagikan Paket Sembako untuk Seniman di Pasuruan Perbesar

Pasuruan, Kabarpas.com – Dari seniman untuk seniman, begitulah cara para seniman muda mengumpulkan anggaran untuk memberi paket sembako kepada puluhan seniman maupun budayawan sepuh. Kegiatan tersebut diharapkan dapat menggugah hati  pemerintah, mengingat peran serta seniman dan budayawan untuk menjaga identitas suatu bangsa.

Terketuk oleh kondisi seniman maupun budayawan sepuh, yang tidak sedikit mengalami sakit bahkan stroke. Ketua Forum Pamong Kebudayaan (FPK) Jatim, Ki Bagong Sabdo Sinukarto, memberikan 50 paket sembako kepada seniman yang benar-benar membutuhkan.

Puluhan paket sembako tersebut dikumpulkan dari hasil kepedulian para seniman muda untuk seniman sepuh, tidak hanya di Pasuruan tapi juga di Sidoarjo, Mojokerto, dan Malang.

“Harapan kami, pemerintah peduli dengan seniman sepuh. Mengingat perjuangan mereka turut serta menjaga identitas suatu bangsa. Jangan sampai mereka merasa terpinggirkan,” ungkap Ki Bagong.

Ki Bagong menjelaskan, budaya adalah identitas suatu bangsa. Yang bisa menjaga adalah seniman dan budayawan. Apabila tidak dijaga, maka jati diri bangsa akan kacau. Mengingat banyaknya norma yang tidak sesuai dengan adat ketimuran.

Hal tersebut, membuat para pelaku budaya harus bekerja keras untuk mencegah dan memfilterisasi budaya asing yang masuk ke Indonesia. Agar tidak terlalu vulgar untuk generasi muda.

Misalnya seni wayang yang tidak hanya sebagai tontonan, tapi merupakan tuntunan yang bisa menjadikan tatanan.

Sehingga para seniman dan budayawan harus bekerja keras melindungi kemajuan budaya. Mengingat banyak budaya-budaya yang termarjinalkan.

Diharapkan pemerintah dapat ikut melindungi kemajuan budaya demi menjaga jati diri sebuah bangsa. Dan peduli terhadap seniman sepuh yang turut menjaga identitas Bangsa Indonesia. (diz/gus)

Artikel ini telah dibaca 16 kali

Baca Lainnya

Peringatan Harjakapro ke-278, Pj Ugas Ajak Masyarakat Mengenang Sejarah Kabupaten Probolinggo yang Bermula dari Kerajaan Majapahit

20 April 2024 - 13:14 WIB

Ribuan Warga Nikmati Balik ke Tempat Kerja dengan Fasilitas Transportasi Gratis dari Kemenag

20 April 2024 - 12:45 WIB

#Cari_Aman Berkendara Saat Arus Balik. Perhatikan Hal Ini

19 April 2024 - 15:06 WIB

Refleksi 7 Tahun AMSI Berkarya

18 April 2024 - 16:01 WIB

Atlit Asal Probolinggo Bakal Berlaga di Kejuaraan Tenis Meja se-Asia Tenggara

18 April 2024 - 13:11 WIB

Motor Tetap Prima Setelah Mudik Lebaran, Lakukan Cek 7 Poin Ini

18 April 2024 - 11:27 WIB

Trending di Kabar Otomotif