Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Berita Pasuruan · 30 Mar 2024 22:28 WIB ·

FPK Jatim Bagikan Paket Sembako untuk Seniman di Pasuruan


FPK Jatim Bagikan Paket Sembako untuk Seniman di Pasuruan Perbesar

Pasuruan, Kabarpas.com – Dari seniman untuk seniman, begitulah cara para seniman muda mengumpulkan anggaran untuk memberi paket sembako kepada puluhan seniman maupun budayawan sepuh. Kegiatan tersebut diharapkan dapat menggugah hati  pemerintah, mengingat peran serta seniman dan budayawan untuk menjaga identitas suatu bangsa.

Terketuk oleh kondisi seniman maupun budayawan sepuh, yang tidak sedikit mengalami sakit bahkan stroke. Ketua Forum Pamong Kebudayaan (FPK) Jatim, Ki Bagong Sabdo Sinukarto, memberikan 50 paket sembako kepada seniman yang benar-benar membutuhkan.

Puluhan paket sembako tersebut dikumpulkan dari hasil kepedulian para seniman muda untuk seniman sepuh, tidak hanya di Pasuruan tapi juga di Sidoarjo, Mojokerto, dan Malang.

“Harapan kami, pemerintah peduli dengan seniman sepuh. Mengingat perjuangan mereka turut serta menjaga identitas suatu bangsa. Jangan sampai mereka merasa terpinggirkan,” ungkap Ki Bagong.

Ki Bagong menjelaskan, budaya adalah identitas suatu bangsa. Yang bisa menjaga adalah seniman dan budayawan. Apabila tidak dijaga, maka jati diri bangsa akan kacau. Mengingat banyaknya norma yang tidak sesuai dengan adat ketimuran.

Hal tersebut, membuat para pelaku budaya harus bekerja keras untuk mencegah dan memfilterisasi budaya asing yang masuk ke Indonesia. Agar tidak terlalu vulgar untuk generasi muda.

Misalnya seni wayang yang tidak hanya sebagai tontonan, tapi merupakan tuntunan yang bisa menjadikan tatanan.

Sehingga para seniman dan budayawan harus bekerja keras melindungi kemajuan budaya. Mengingat banyak budaya-budaya yang termarjinalkan.

Diharapkan pemerintah dapat ikut melindungi kemajuan budaya demi menjaga jati diri sebuah bangsa. Dan peduli terhadap seniman sepuh yang turut menjaga identitas Bangsa Indonesia. (diz/gus)

Artikel ini telah dibaca 17 kali

Baca Lainnya

Pemkab Trenggalek Juara 1 LMSI Tingkat Provinsi Jatim 2024

20 Juli 2024 - 20:33 WIB

Jemaah Haji Masih Dirawat di Rumah Sakit Saudi Tetap Jadi Tanggung Jawab Pemerintah Indonesia

20 Juli 2024 - 17:21 WIB

Hari Bhakti Adhyaksa ke-64, Kejari Gelar Senam Bersama dan Pasar Murah

20 Juli 2024 - 16:48 WIB

Makna Mendekat

20 Juli 2024 - 08:57 WIB

6.610 Petani Tembakau di Probolinggo Sumringah Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan

19 Juli 2024 - 20:06 WIB

Bersinergi dengan Dishub, MPM Honda Jatim Kampanyekan #Cari_Aman untuk Pelajar di Moment MPLS 

19 Juli 2024 - 19:43 WIB

Trending di Kabar Otomotif