Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Kabar Pasuruan · 16 Agu 2023 18:40 WIB ·

Fatma Saifullah Harapkan Pekerja Sosial Masyarakat di Kota Pasuruan Perkuat Kolaborasi 


Fatma Saifullah Harapkan Pekerja Sosial Masyarakat di Kota Pasuruan Perkuat Kolaborasi  Perbesar

Pasuruan, Kabarpas.com – Ratusan orang mengenakan jas berwarna krem memadati gedung Gradika Bhakti Praja Pemkot Pasuruan. Mereka adalah para Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dari empat kecamatan di Kota Pasuruan. Siang itu, mereka berkesempatan untuk mengikuti pembinaan yang dipimpin langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pasuruan, Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf (Fatma).

Antusiasme tinggi nampak pada diri para PSM yang berjumlah 111 orang pria dan wanita ini, sebab ini adalah kali pertama mereka bertatap muka langsung dalam sebuah forum dengan Fatma yang merupakan istri Walikota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Tingginya antusiasme dari PSM yang hadir ini pula yang membuat Fatma begitu bersemangat dalam memberikan pembinaan, terlebih memang selama ini Fatma memang dikenal begitu aktif di kegiatan sosial.

“Jujur saya sangat ingin berkenalan dengan panjenengan sedoyo. Apalagi passion saya memang di kegiatan sosial” ujar Fatma yang didampingi oleh Wakil Ketua I TP PKK Kota Pasuruan Suryani Firdaus Adi Wibowo dan Kadinsos Kokoh Arie Hidayat.

Pada kegiatan ini, Fatma banyak memberikan motivasi dan berbagi pengalamannya dalam menggeluti kegiatan sosial. Ia juga banyak berpesan agar para PSM meningkatkan kolaborasi dan bersinergi dengan OPD dan instansi lain.

“PSM harus berkomitmen dengan tugas yang diemban. Kolaborasi dan kerjasama dengan lembaga lain seperti PKK, karang taruna, karang wreda, dan lembaga lain juga ditingkatkan agar didapat data yang akurat terkait penerima bantuan” imbuhnya.

Fatma berharap agar tidak terjadi ketidakvalidan data penerima bantuan, dimana warga yang seharusnya mendapat bantuan, malah tidak terdata. Begitu juga sebaliknya, warga yang taraf hidupnya dikategorikan layak, justru mendapatkan bantuan.

“Harus menjalin komunikasi yang baik saat proses verifikasi dan validasi” tegasnya.

Suasana menjadi semakin akrab tatkala Fatma membuka sesi dialog yang dimanfaatkan oleh para PSM untuk menyampaikan gagasannya. Fatma juga membagikan pengalamannya sewaktu melakukan kegiatan sosial bersama pengurus Tim Penggerak PKK Kota Pasuruan kepada ibu hamil beberapa waktu lalu.

“Sering saya himbau kepada Tim Penggerak PKK di kecamatan hingga kelurahan untuk turun langsung memotret kondisi warga agar data yang didapat benar benar akurat dan penerima bantuan ini memang layak mendapatkannya” tutur Fatma.

Atas totalitasnya memajukan beberapa organisasi yang dipimpin, salah satunya TP PKK di Kota Pasuruan inilah yang membuat Fatma mendapatkan beberapa penghargaan. Ia ingin prestasi tersebut dapat dijadikan inspirasi oleh para PSM dalam upaya ikut menyejahterakan warga Kota Pasuruan.

“Kedepan, pembinaan seperti ini harus dilakukan secara berkala karena data bergerak dinamis. Usahakan data yang Anda dapat di lapangan, segera di update ke Dinsos agar data penerima bantuan benar-benar valid” ucapnya.

Di akhir sesi, Ia berharap kolaborasi dan kerjasama PKK dengan PSM dapat meningkat dari waktu ke waktu. (sam/gus).

Artikel ini telah dibaca 20 kali

Baca Lainnya

Sosialisasi DTKS, Mas Adi Harapkan Pendataan yang Objektif dan Akurat Agar Tepat Sasaran

17 Juli 2024 - 06:31 WIB

Gus Ipul Minta Masyarakat Pro Aktif dalam Daftar BPJS Kesehatan

12 Juli 2024 - 12:19 WIB

Selamat! Kota Pasuruan Sukses Wujudkan 100 Persen ODF 

11 Juli 2024 - 17:56 WIB

Wawali Mas Adi Terpilih Menjadi Ketua Kwarcab Pramuka Kota Pasuruan

11 Juli 2024 - 10:10 WIB

Pemkot Pasuruan Komitmen Wujudkan 100% ODF

10 Juli 2024 - 08:31 WIB

Car Free Night Pasuruan Dilaunching, Gus Ipul: Menggerakkan UMKM dan Mendorong Seniman Berkarya

7 Juli 2024 - 11:08 WIB

Trending di Kabar Pasuruan