Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Kabar Pasuruan · 28 Jun 2023 01:26 WIB ·

Fatma Ajak sukseskan Gerakan Transisi PAUD Asyik dan Menyenangkan


Fatma Ajak sukseskan Gerakan Transisi PAUD Asyik dan Menyenangkan Perbesar

Pasuruan, Kabarpas.com – Bunda Paud Kota Pasuruan, Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf (Fatma) mengajak seluruh pemangku kepentingan di bidang pendidikann, mulai dari Orang Tua, Guru, hingga Kepala Sekolah untuk mensukseskan gerakan transisi Paud ke SD dengan belajar asyik dan menyenangkan dan bermakna dengan metode menarik dan berdiferensiasi (pembelajaran yang berpusat pada siswa), dan dimulai sejak tahun ajaran baru ini nanti.

Menurut Fatma, ada tiga target fokus yang harus diimplementasikan dalam proses transisi PAUD-SD ini antara lain : pertama, meniadakan tes calistung pada PPDB SD. Kedua, melaksanakan masa perkenalan lingkungan sekolah minimal selama 2 minggu. Dan yang ketiga, menerapkan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna.

“Untuk itu, kita harus bersama-sama melaksanakan penguatan transisi dari PAUD ke SD agar lebih cepat tersampaikan, dengan harapan akan lebih banyak masyarakat yang tahu dan paham, kemudian goals nya ketika anak masuk SD gerakan tersebut sudah terimplementasi dengan baik oleh semua pihak,” ujar Fatma saat memberikan sambutan pada acara lomba Hari Anak Nasional, di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan.

Ia menjelaskan bahwa gerakan tersebut diinisiasi untuk memastikan hak anak dalam mendapatkan pembelajaran efektif dan menyenangkan sejak usia dini, sehingga belajar bukan menjadi beban, tapi membuat anak belajar sambil bermain, tapi bonusnya adalah anak-anak kita menjadi anak yang cerdas, lebih mandiri, kreatif dan bahagia.

“Oleh sebab itu pembelajaran PAUD terlebih untuk meningkatkan perkembangan otak anak, dan hal ini harus dipahami oleh seluruh pemangku kepentingan di bidang pendidikan, mulai dari orang tua, guru, hingga kepala sekolah,” jelas Fatma

Isteri Wali Kota ini berharap semua saling berbagi, berkolaborasi dan berkarya memajukan PAUD di Kota Pasuruan menjadi generasi emas.

”Saya doakan semoga dengan bimbingan dan kasih sayang dari guru taman kanak-kanak yang dimulai dari sekolah paud, anak-anak kota pasuruan kelak menjadi anak yang sholeh sholihah, dan berguna bagi keluarga, agama, bangsa dan negara,” pungkasnya. (dit/ian).

Artikel ini telah dibaca 10 kali

Baca Lainnya

Sosialisasi DTKS, Mas Adi Harapkan Pendataan yang Objektif dan Akurat Agar Tepat Sasaran

17 Juli 2024 - 06:31 WIB

Gus Ipul Minta Masyarakat Pro Aktif dalam Daftar BPJS Kesehatan

12 Juli 2024 - 12:19 WIB

Selamat! Kota Pasuruan Sukses Wujudkan 100 Persen ODF 

11 Juli 2024 - 17:56 WIB

Wawali Mas Adi Terpilih Menjadi Ketua Kwarcab Pramuka Kota Pasuruan

11 Juli 2024 - 10:10 WIB

Pemkot Pasuruan Komitmen Wujudkan 100% ODF

10 Juli 2024 - 08:31 WIB

Car Free Night Pasuruan Dilaunching, Gus Ipul: Menggerakkan UMKM dan Mendorong Seniman Berkarya

7 Juli 2024 - 11:08 WIB

Trending di Kabar Pasuruan