Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Politik & Pemerintahan · 1 Jul 2023 12:00 WIB ·

Erick Thohir Kagum Sarinah Gigih Pasarkan Produk Indonesia di Hong Kong


Erick Thohir Kagum Sarinah Gigih Pasarkan Produk Indonesia di Hong Kong Perbesar

HONG KONG, Kabarpas.com —Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan komitmen BUMN dalam mendukung pengembangan produk Indonesia di luar negeri. Erick mengaku kagum dengan kegigihan pemilik Surya Trading, Sarinah (71) yang konsisten menjual produk makanan dan minuman Indonesia di Hong Kong.

“Senang bisa bertemu dengan Ibu Sarinah yang sudah tinggal di Hong Kong sejak 1974 dan telah merintis usaha menjual produk-produk makanan dari Indonesia ke Hong Kong selama 23 tahun,” ujar Erick saat mengunjungi gudang Surya Trading di Mercantile Industrial, Kwai Chung, Hong Kong, Sabtu (30/6/2023).

Berkat kegigihannya, Erick menyampaikan Sarinah telah memiliki 13 outlet dan menjalin kerja sama dengan 200 distributor. Erick menilai apa yang dilakukan Sarinah sangat membantu mempromosikan makanan Indonesia dan merek Indonesia di Hong Kong.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Ibu Sarinah yang mencintai Indonesia dan pulang ke Bandung 2-3 kali dalam setahun untuk bertemu keluarga,” ucap Erick.

Erick pun mengapresiasi dukungan Bank Negara Indonesia (BNI) yang telah membantu Sarinah dalam mengembangkan usahanya. Sebagai bank internasionalnya Indonesia, Erick meminta BNI untuk meningkatkan dukungan terhadap pengembangan usaha diaspora Indonesia di luar negeri.

“Inilah contoh diaspora yang kita dorong dalam berusaha di luar negeri melalui program BUMN melalui BNI Xpora. Ini kerja nyata program BUMN,” lanjut Erick.

Erick menyampaikan usaha Sarinah tak hanya mempromosikan produk Indonesia yang skala besar, melainkan juga menciptakan akses pasar bagi produk UMKM. Erick menyebut 20 persen produk yang dijual Sarinah di Hong Kong merupakan produk UMKM.

“Yang harus kita dorong ialah posisi merek kita yang masih lemah. Kami sangat mengapresiasi Bu Sarinah dan BNI yang mau meningkatkan brand Indonesia,” kata Erick.

Pemilik Surya Trading, Sarinah senanB dengan kehadiran Erick. Sarinah mengaku tak menyangka gudang miliknya akan didatangi Erick mengingat skala usahanya yang masih relatif menengah.

“Hari ini sangat bangga kedatangan Pak Menteri BUMN Erick Thohir ke gudang kami. Padahal usaha kami bisa dibilang masih kecil tapi tetap dihargai dan diapresiasi. Terima kasih juga kepada BNI yang bisa mendorong bisnis kami berkembang,” ujar Sarinah.

Sarinah mengatakan produk Indonesia mendapat respons yang positif di Hong Kong. Sarinah menyampaikan produk makanan dan minuman Indonesia memiliki kualitas yang dapat bersaing di pasar Hong Kong.

“Kita juga memasarkan produk UMKM Indonesia, tapi kita benar-benar mencari yang kualitasnya baik dan punya standarisasi agar bisa diterima di Hong Kong,” kata Sarinah. (rls/ian).

Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

Jalan Menuju MBK Bakal Dipoles, Pemkot Blitar Siapkan Dana Rp15 M

29 Juni 2024 - 15:14 WIB

PKS Trenggalek Bagikan 86 Hewan Kurban Pada Idul Adha 2024

17 Juni 2024 - 17:35 WIB

Pemkab Trenggalek Gelar MUF ON, Begini Kata Kadis Kelautan dan Perikanan

5 Juni 2024 - 21:55 WIB

Pemkab Trenggalek Manjakan Pengunjung Pasar PON dengan Kran Air Langsung Minum

5 Juni 2024 - 10:34 WIB

PKS Trenggalek Siapkan Bacalon untuk Pilkada 2024

3 Mei 2024 - 12:44 WIB

Begini Kriteria Calon Wakil Bupati Tenggalek yang Dicari PDI-P

17 April 2024 - 21:25 WIB

Trending di Kabar Terkini