Elang Bido Diselamatkan Komunitas Pecinta Rimba dan Satwa Liar dalam Kondisi Tak Sehat

Reporter : Moch Wildanov

Editor : Agus Hariyanto

 

 

Probolinggo, Kabarpas.com – Lembaga Pecinta Rimba dan Satwa Liar Indonesia (Perisai) Mecamatan paiton Probolinggo, berhasil mengamankan seekor Elang Bido. Satwa dilindungi ini berhasil amankan di salah satu warga di Desa Sumberejo, Paiton.

Ketua Perisai, Zainal Abidin Abdilah menjelaskan, saat itu pihaknya sedang hunting dan mengetahui Elang Bido di rumah warga.

“Kondisinya kurang sehat, dan bulunya seperti ada bekas lem pikat (lem untuk menjebak burung, dan infonya didapatkan di hutan Binor,” ujar Zainal kepada Kabarpas.com.Sabtu (19/9/2020)

Selanjutnya, pemilik diberikan pemahaman dan akhirnya mengerti dan elang dilindungi tersebut diserahkan pada timnya.

“Burung pemangsa reptil (ular kecil), katak, tersebut kita serahkan ke kantor BKSDA. Sesuai prosedur elang tersebut kita serahkan ke lembaga yang berkopenten yaitu BKSDA,” terangnya.

Lembaga perisai sejak tahun 2014 konsisten menjaga kelestarian flora dan fauna di hutan Binor.

Untuk satwa Elang bido ini, di hutan binor tergolong langka dan dilindungi. “Saya pantau populasinya sekitar 10 ekor elang binor,” ucapnya.

“Sejak kami konsisten menjaga alam, angka penjarahan satwa maupun tumbuhan di hutan binor menurun, dan terus kita jaga kelestarianya, apalagi di saat musim kemarau hutan binor mampu memberikan mata air untuk masyarakat di kawasan paiton dan sekitarnya,” tambahnya. (wil/gus).