Dua Hari di Kota Pasuruan, Menko Polhukam Diajak Keliling Kota Mulai Lapas hingga Pesantren

Pasuruan, Kabarpas.com – Setelah dikunjungi Menteri KKP, Sakti Wahyu Trenggono, Gus Ipul-Mas Adi kembali menyambut kehadiran tamu istimewa yang berkunjung ke Kota Pasuruan, yakni Menteri Bidang Koordinator Politik Hukum Dan Hak Asasi Manusia (Menko Polhukam), Prof. Mahfud MD dan Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM), Brigjen Reinhard Silitonga.

Sehubungan akan dibangunnya lapas terintegrasi dan dilaksanakannya MoU pembangunan lapas yang dilengkapi rumah sakit rehabilitasi dan pondok pesantren, saat mengawali kunjungannya yang dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 2 Mei 2021, Prof Mahfud dan Birgjen Reinhard melakukan peninjuan kondisi Lapas Kelas IIB Pasuruan dengan didampingi Gus Ipul-Mas Adi, Kepala Lapas Pasuruan, beserta jajaran Forkopimda Kota Pasuruan.

Dalam kunjungannya tersebut, Prof Mahfud dan Brigjend Reinhard meninjau setiap sudut lapas sekaligus memantau aktivitas yang dilakukan oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Pasuruan. Sebelum beranjak, para WBP memberikan hasil karya terbaiknya berupa lukisan sketsa wajah dan celengan  karakter (cakar) untuk Menko Polhukam, MenkumHAM, Dirjen PAS, dan  Wali Kota Pasuruan sebagai tanda kenang-kenangan.

Setelah kunjungan tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan ziarah ke makam Mbah Hamid Kota Pasuruan untuk membaca yasin, tahlil, dan doa bersama. Dalam kesempatan ini Gus Ipul juga tak lupa memohon doa restu akan dibangunnya kawasan wisata religi terintegrasi antara masjid, alun-alun, mall Poncol, dan Jl. Wachid Hasyim. Menjelang buka puasa, Prof Mahfud dan Brigjen Reinhard singgah di Rumah Dinas Wali Kota Pasuruan dan memberikan arahan di Pendopo Surga Surgi Kota Pasuruan. Pada malam hari, Prof Mahfud melakukan kunjungan sekaligus menyampaikan arahannya di Pondok Pesantren Salafiyah Kota Pasuruan dalam rangka mengikuti kegiatan KhotmilQur’an, Haul para suhada’ menyambut 10 malam terakhir Bulan Ramadhan. (ajo/gus).