Donor Plasma Konvalesen Kini Bisa Dilakukan di Kota Probolinggo

Reporter : Moch Wildanov

Editor : Agus Hariyanto

Probolinggo, kabarpas.com – Untuk memenuhi kebutuhan konvalesen plasma penyembuhan pasien Covid-19. Kini masyarakat Probolinggo tidak harus jauh-jauh ke Surabaya atau luar daerah lain. Karena kini RSUD dr Mohamad Saleh menyediakan alat donor plasma konvalesen untuk terapi pasien Covid-19.

Kepala laboratorium RSUD dr Muhamad Saleh, dr Bobby Mulyadi, menjelaskan pelayanan plasma konvalesen yang diberikan untuk semua pasien Covid – 19 yang membutuhkan, maka pihaknya akan bekerjasama dengan PMI Kota Probolinggo. Pendonor perdana ini pernah terkonfirmasi positif Covid – 19. Donor plasma yang berlangsung di sekitar satu jam, sedangkan transfusi darah dilakukan di ruang isolasi.

“Pendonor plasma konvalesen pasien pernah terkonfirmasi positif Covid-19 , dan pelayanan plasma konvalesen yang diberikan untuk semua pasien Covid – 19 yang membutuhkan,” ujar Bobby kepada Kabarpas.com. Senin (25/1/2021).

Prosedur bagi pendonor plasma konvalesen lanjut Bobby adalah pasien Covid – 19 yang sudah sembuh datang ke rumah sakit dan dilakukan skrining untuk mengetahui apakah ada infeksi penyakit luar dan mengecek antibodi. Jika hasil skrining menunjukan hasil baik maka donasi pada hari berikutnya.

“Harus dilakukan skrining terlebih dahulu, dan bila hasilnya baik tidak terinfeksi maka bisa dilakukan donor, “ tambahnya.

Sementara itu, Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin berharap warga yang pernah menderita Covid – 19 dan sembuh dapat mendonorkan plasmanya, karena yang membutuhkan sangat banyak untuk penanganan pasien terkonfirmasi positif membantu percepatan penyembuhan.

“Mudah-mudahan bermanfaat. Bagi masyarakat yang sudah sehat dari Covid-19 datanglah ke RSUD, hasil skrining yang sesuai kebutuhan akan segera diambil plasma darahnya. Ayo bantu saudara-saudara kita yang terpapar, kita harus bersama-sama menghadapi Covid – 19 ini,” pungkasnya. (wil/gus).