Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Peristiwa · 3 Apr 2015 19:27 WIB ·

Diterjang Banjir Bandang, 23 Rumah Warga di Pasrepan Rusak


Diterjang Banjir Bandang, 23 Rumah Warga di Pasrepan Rusak Perbesar

Pasrepan (Kabarpas.com) – Akibat diterjang banjir bandang membuat 23 rumah warga di Desa Rejosalam, Kecamatan Pasrepan, Kabupaten Pasuruan rusak. Jumat (03/04/2015) malam.

Lukmanul Hakim (44), salah satu warga Dusun Paras Kulon, Desa Rejosalam, Kecamatan Pasrepan ini menceritakan, bahwa banjir bandang di tempatnya itu terjadi pada Jumat sore, yakni sekitar pukul 15.00 wib.

“Waktu itu di sini memang ada hujan disertai angin kencang. Nah, tiba-tiba ada suara gemuruh dari sungai yang tak lama kemudian air di sungai ini meluap dan langsung masuk ke pemukiman warga di sini,” terangnya kepada Kabarpas.com. saat ditemui di TKP.

Mendapati hal itu, lanjut Lukman. Para warga yang tinggal di sekitar sungai setempat itu, langsung bergegas keluar dari rumah untuk menyelamatkan diri masing-masing. “Waktu itu saya dan warga lainnya langsung lari menyelamatkan diri dengan membawa sejumlah barang-barang berharga, dan kemudian berkumpul di balai desa,” imbuhnya.

Camat Pasrepan Moch Irfan menambahkan, bahwa akibat diterjang banjir bandang yang disertai lumpur tersebut, menyebabkan 23 rumah milik warga di dua dusun yang ada di Desa Rejosalam itu rusak, yakni Dusun Paras Kulon dan Dusun Dungbang Kidul.

“Data sementara yang tercatat ada 23 rumah warga rusak. Bahkan, pagar tempat pemakaman umum (TPU) juga jebol akibat diterjang banjir ini,” ucap pria yang sebelumnya pernah dinas di Diskominfo Kabupaten Pasuruan tersebut.

Irfan mengatakan, bahwa untuk menanggulangi korban banjir ini, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak muspika dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten setempat, dengan memberikan makanan dan selimut.

“Dan rencananya besok pagi jam 08.00 wib (Sabtu, 04/04/2015.red) kami akan melakukan kerja bhakti massal untuk membersihkan lumpur dari bekas banjir bandang tersebut,” terangnya kepada Kabarpas.com saat ditemui di balai desa Rejosalam.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Kabarpas.com. Selain menyebabkan puluhan rumah warga setempat rusak. Banjir bandang ini juga membuat barang-barang milik warga seperti sepeda motor, televisi, almari, lemari es dan peralatan elektronik lainya rusak dan dipenuhi dengan lumpur. (ajo/sym).

Artikel ini telah dibaca 14 kali

Baca Lainnya

Hilang di Pantai Peh Pulo, Pemancing Asal Blitar Ditemukan di Pantai Serang

10 Februari 2024 - 13:44 WIB

Angin Kencang Mengamuk di Blitar, Satu Kendaraan Pikap Tertimpa Pohon Tumbang

3 Januari 2024 - 21:00 WIB

Awal November 2023, Polisi di Blitar Berhasil Ungkap Kasus Pembunuhan, Curanmor dan Pelecehan Seksual

10 November 2023 - 08:21 WIB

Pemkab Probolinggo Gelar Pasar Beras Murah, Simak Berikut Lokasi Ini…..

27 September 2023 - 19:44 WIB

Bupati Sampaikan Pendapat Akhir Rapat Paripurna DPRD Asahan

18 Juli 2023 - 01:48 WIB

Terkuak! Ini Identitas Mayat Pria yang Terbungkus Karung Beras di Pasuruan

26 Juni 2023 - 11:39 WIB

Trending di Berita Pasuruan