Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Advertorial · 8 Okt 2014 23:58 WIB ·

Warga Grati Kembali Gelar Distrikan Larungan


Warga Grati Kembali Gelar Distrikan Larungan Perbesar

Grati (Kabarpas.com) – Upacara Distrikan Larungan sepertinya sudah menjadi salah satu agenda rutin tahunan, bagi warga di tiga desa yang ada di Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan. Sebab pada tanggal 25 Oktober mendatang, warga setempat kembali akan menggelar acara tersebut.

Tiga desa yang dimaksud tersebut, yakni meliputi Desa Ranu Klindungan, Sumber Dawesari, dan Grati Tunon,

“Dalam Distrikan Larungan  2014 ini, nantinya bakal dihadiri oleh seluruh lapisan masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Grati dan sekitarnya,” ujar ketua panitia Yuslimu kepada Kabarpas.com, Rabu, (08/10/2014).

Ia menambahkan, bahwa dalam acara ini nanti juga akan dihadiri oleh Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, serta dengan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasuruan. “Acara ini juga akan dimeriahkan dengan hiburan rakyat dari seniman PAMI Kabupaten Pasuruan,” imbuhnya.

Menurut Yuslimu, kegiatan larung sesaji merupakan potensi wisata yang harus dilestarikan,lantaran merupakan tradisi yang sudah turun temurun, khususnya untuk menghormati kepercayaan para leluhur Ranu Grati, akan penunggu danau yang dikenal sebagai Baru Klinting, sesosok dewa yang berwujud ular besar.

“Sekalipun kebanyakan dari kami adalah muslim, tapi kami tetap melaksanakan ritual yang sama dengan pendahulu-pendahulu kami. Karena bagaimanapun juga mereka telah memberikan kontribusi yang banyak untuk keberlangsungan Ranu Grati,” ucapnya.

Selain untuk meneruskan kepercayaan para nenek moyang sekitar Ranu Grati, tradisi distrikan juga dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, dan memohon keselamatan saat bekerja.(adv).

 

 

Artikel ini telah dibaca 29 kali

Baca Lainnya

Hadiri Labuh Laut Larung Sembonyo, Bupati Trenggalek Ajak Masyarakat Nelayan Jaga Lingkungan

21 Mei 2024 - 17:30 WIB

Peresmian Gedung Kantor BPS Blitar: Tonggak Baru Pelayanan Publik yang Lebih Baik

21 Mei 2024 - 15:18 WIB

Serahkan Piagam Penghargaan Kemendesa PDTT, Ini Pesan Bupati Blitar Mak Rini kepada Kepala Desa

20 Mei 2024 - 19:03 WIB

Kunjungi Warga Trenggalek di Kaltim, Begini Kata Bupati Mas Ipin

20 Mei 2024 - 10:51 WIB

Tradisi Bersih Desa Kotes: Menggali Kearifan Lokal Melalui Pagelaran Wayang Kulit

19 Mei 2024 - 23:14 WIB

Wabup Syah Harap Anggota HIPMI Trenggalek Kedepan Bisa Bertambah

19 Mei 2024 - 13:43 WIB

Trending di Advertorial