Dispersip Kabupaten Probolinggo Rakor Akuisisi Arsip

Reporter : Ali Mahfudz
Editor : Anis Natasya

Probolinggo, Kabarpas.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Probolinggo, Kamis (8/2/2018) menggelar rapat koordinasi (rakor) akuisisi arsip. Rakor ini diperlukan sebagai upaya untuk menarik arsip statis yang ada di OPD ke lembaga kearsipan. Supaya ketersediaan arsipnya baik dan pengelolaan arsipnya benar.

Kegiatan yang diikuti oleh 70 orang peserta dari unsur OPD dan Kecamatan ini dihadiri oleh narasumber dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Jawa Timur. Materi yang diberikan adalah teknis pemilahan arsip statis dan dinamis.

Kepala Dispersip Kabupaten Probolinggo Raharjo mengungkapkan akuisisi arsip adalah proses penambahan khasanah arsip pada lembaga kearsipan yang dilakukan melalui kegiatan penyerahan arsip statis dan hak pengelolaannya dari pencipta arsip kepada lembaga kearsipan dalam hal ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Probolinggo.

“Arsip yang diakuisisi merupakan arsip statis. Dimana arsip statis adalah arsip yang dihasilkan oleh pencipta arsip yang mempunyai nilai kesejarahan. Seperti, Renstra, LAKIP, Program Kerja, peraturan yang mengatur tentang struktur organisasi perangkat daerah, produk peraturan yang dihasilkan perangkat daerah dan lain sebagainya,” kata Raharjo.

Rakor ini bertujuan dalam rangka penyelamatan dokumen/arsip perangkat daerah dan untuk mewujudkan tercipta dan tersedianya arsip di seluruh perangkat daerah. “Serta terwujudnya pengelolaan arsip yang baik (dari segi pengamanan dan pelestarian) melalui pemindahan dan penyerahan dari pencipta arsip ke lembaga kearsipan,” tegas Raharjo. (fudz/nis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *