Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Kabar Terkini · 24 Des 2023 08:20 WIB ·

Dinas Perikanan Trenggalek Luncurkan ‘Mas Koki’ untuk Atasi Masalah Kesehatan Ikan dan Lingkungan


Dinas Perikanan Trenggalek Luncurkan ‘Mas Koki’ untuk Atasi Masalah Kesehatan Ikan dan Lingkungan Perbesar

Trenggalek, kabarpas.com – Dinas Perikanan Kabupaten Trenggalek terus melakukan terobosan-terobosan. Pada tahun 2022 telah meluncurkan Inovasi PAS TENAN untuk membantu para nelayan kecil dalam memperoleh kemudahan pelayanan surat rekomendasi BBM Bersubsidi jenis Pertalite.

Sedangkan untuk tahun 2023 ini meluncurkan Inovasi baru di bidang budidaya ikan, yakni ‘MAS KOKI’ (Monitoring Kualitas Air Kolam, OIKB dan Hama Penyakit Ikan).

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Trenggalek, Cusi Kurniawati mengatakan, Inovasi ‘MAS KOKI’ ini menggunakan aplikasi berbasis web yang dapat diakses dengan mudah melalui ponsel atau pada halaman https ://s.id/maskokidiskantrreggalek. Sehingga, pembudidaya dan pembenih ikan mendapatkan pelayanan monitoring budidaya ikan lebih cepat dan efisien.

“Cukup dengan membuka aplikasi, mengisi data dan permasalahan budidaya yang dialami, lalu kirim. Data akan masuk ke dashboard Petugas ‘MAS KOKI’ dan nantinya akan terhubung melalui WA. Selanjutnya akan diadakan kunjungan sampai dengan pengujian laboratorium. Sedangan Laporan Hasil Uji (LHU) akan dikirim melalui WA. Secara fisik akan diantar oleh penyuluh setempat berikut penjelasan, “ucapnya.

Cusi menuturkan, inovasi ‘MAS KOKI’ ini masuk 10 besar dalam ajang Trenggalek Innovation Festival (TIF) 2023 beberapa waktu yang lalu. “Saat ini kami telah menghasilkan lebih dari 250 layanan,” imbuhnya.

Selanjutnya, Cusi berharap, dengan hadirnya inovasi MAS KOKI dapat meningkatkan produksi perikanan budidaya dengan meminimalisir terjadinya permasalahan kualitas air dan penyakit ikan agar pembudidaya
sejahtera dan hasil panennya berhasil. “Video MAS KOKI dapat dilihat melalui link youtube : https://youtu.be/oWttv4sb9V4, “tutupnya. (ags/gus).

Artikel ini telah dibaca 71 kali

Baca Lainnya

Layar Drama Indonesia Terbaru RCTI, Cinta Berakhir Bahagia Segera Tayang!

1 Maret 2024 - 15:06 WIB

Komisi IV DPRD Trenggalek Gelar Raker Bersama OPD Mitra Bahas Pelaksanaan APBD 2024

1 Maret 2024 - 08:13 WIB

Ini Pesan Pj Bupati Ugas Saat Lantik 14 Pejabat Eselon III

1 Maret 2024 - 08:04 WIB

Caleg PKS Komarudin Ajukan Nota Keberatan Pelaksanaan PSU ke Bawaslu

29 Februari 2024 - 21:15 WIB

Komisi II DPRD Trenggalek Soroti Minimnya Anggaran Belanja Publik

29 Februari 2024 - 21:11 WIB

GMNI Probolinggo Gelar Baksos di Panti Asuhan NU

29 Februari 2024 - 21:06 WIB

Trending di Kabar Probolinggo