Di Wisata Sumber Sentong Kota Probolinggo, Bisa Refresing Sembari Terapi Kesehatan

Probolinggo , kabarpas.com – Bila Anda ingin berwisata menyehatkan badan dan pikiran, tidak ada salahnya mencoba berwisata di Wahana Wisata Sumber Sentong. Pasalnya, di wisata ini ada sebuah wahana terapi ikan yang sensasi gigitan halusnya membikin kita geli dan tertawa lepas. Selain itu rangsangan gigitan ikan tersebut juga dipercaya bisa merangsang syaraf telapak kaki yang berdampak pada lancarnya peredaran darah dan menyehatkan.

Di masa pandemi Covid-19 wisata Sumber Air Sentong ini selalu didatangi pengujung baik sekedar untuk menikmati pemandangan alam, memancing bahkan menyusuri telaga dengan perahu mereka hanya untuk melakukan terapi kesehatan.

Untuk menuju wisata ini tidaklah susah karena lokasi wisata Sumber Sentong ini berjarak hanya sekitar 15 Km dari Pusat Kota Probolinggo atau tepatnya di Kelurahan Jrebeng Wetan, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo.

Salah satu pengujung wisata Sumber Sentong, Iksan Mahmudi, menuturkan bahwa rekreasi ke tempat ini menyenangkan, karena selain murah hanya membayar parkir sepeda motor sebesar Rp 2 ribu , juga pemandangan alamnya asri.

Namun, jika ingin naik perahu menyusuri danau harus membayar Rp 5 ribu, dan untuk wahana lainya seperti memancing, terapi ikan, naik perahu kayuh gratis.

“Hijaunya pemandangan alam yang asri, membikin hati kita damai, dan udara yang segar juga sangat baik untuk kesehatan,” ujar Iksan Mahmudi.

Biasanya ke wisata ini, tambah Iksan dirinya bersama putra-putrinya, bahkan juga sendiri naik sepeda motor atau ketika saat Gowes.

“Terkadang saat Gowes saya mampir ke tempat ini untuk istirahat karena udaranya sejuk,” tambahnya.

Sementara itu, Heppi pengunjung asal Dringu Probolinggo menceritakan, dirinya dapat kabar tentang wisata ini dari salah satu temanya, dan kemudian mencobanya karena yang ia dengar di wisata ada wahana terapi ikan.

Menurutnya, pertama kali mencoba, ikanya tidak bergerombol, tapi setelah beberapa menit kakinya didatangi ribuan ikan dan ada gigitan halus di telapak kaki.

“Sensasinya geli di telapak kaki dan tidak sadar saya tertawa lepas karena menahan rasa geli. Tidak itu saja, setelah terapi badan terasa enak enteng, penat-penat setelah bekerja menjadi hilang. Terapi ikan di sini cocok untuk mereka yang tidak sulit tertawa entah karena masalah keluarga, ekonomi serta masalah percintaan,” tutur Heppi.

Edi Sunarko, koordinator pengelola wisata Sumber Sentong membenarkan bahwa terapi di wisata ini bisa melancarkan peredaran darah karena sensasi gigitan halus ikan. “Peredaran darah menjadi lancar dan tentunya sangat baik buat kesehatan,” ujar Edi.

Berdirinya wisata ini, tambah Edi sekitar 1 tahun lalu (2020) di saat Ia dan rekan-rekan penghobi mancing ingin menghidupkan sumber sentong ini agar bermanfaat. Berawal dari situ kemudian area kotoran seperti tumbuhan enceng gondok, sampah mulai dibersihkan.

“Kita bersihkan, dibuatkan Gazebo, wahana terapi ikan, tempat memancing, serta perahu wisata,“ tambahnya.

Pengujung yang terapi di Sumber Sentong, selalu ada tiap harinya meski saat ini situasi pandemi covid-19.

“Setiap hari, sekitar 30 orang yang terapi di sini, dan bergantian ada yang datang dari Lumajang, Pasuruan dan juga dari Kota Probolinggo,” sambungnya.

Mereka yang habis terapi mengaku refresh, rilek dan dari segi ekonomi juga sudah bisa menambah penghasilan untuk masyarakat sekitar karena di wisata ini sudah berdiri warung minuman, makanan serta pengelolaan ikan parkir dan hasil penjualan pakan ikan. “Alhamdulillah, di wisata ini sudah bisa membawa manfaat untuk masyarakat, kedepan kita usahakan lebih baik lagi,” pungkasnya. (wil/gus).