Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Berita Pasuruan · 27 Des 2023 16:37 WIB ·

Dewan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan Sambut Gembira Hasil Munas


Dewan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan Sambut Gembira Hasil Munas Perbesar

Pasuruan, kabarpas.com – Keputusan Musyawarah Nasional (Munas) Dewan Kebudayaan 2023, yang digelar pada dua pekan lalu, di Jakarta, disambut gembira oleh Ketua Dewan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan (DKKP).

Hasil Munas yang telah ditentukan beberapa hari kemarin, membuat Lukas Cahyabuana, selaku ketua DKKP, dapat bernafas lega. Pernyataan tersebut di utarakan saat menggelar sosialisasi di Rumah Budaya Saraswati, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Menurutnya, adanya rekomendasi pembentukan Kementerian Kebudayaan bisa berdampak signifikan terhadap kebudayaan di Kabupaten Pasuruan. Utamanya berkaitan dengan anggaran.

Dimana salah satu poinnya adalah mendesak Pemerintah agar  meningkatkan alokasi anggaran yang lebih berpihak pada pemajuan kebudayaan. “Ini akan sangat bagus untuk pemajuan kebudayaan. Karena kita sudah lama melestarikan 10 OPK (Objek Pemajuan Kebudayaan),” ungkapnya.

Selama ini pelestarian 10 OPK minim dukungan anggaran dari Pemda setempat. Sebagian besar kegiatan kebudayaan adalah hasil swadaya. Bahkan, tak jarang dirinya juga harus merogoh kocek pribadi.

“Setiap gelar acara, sering kali saya dan teman-teman patungan. Sebetulnya gak ada masalah sih, yang terpenting OPK tetap jalan. Tapi kalau ada dukungan pemda, tentu akan sangat membantu, karena anggaran kita juga terbatas,” imbuhnya.

Selama ini kebudayaan seolah di anak tirikan. Digabung dengan Dinas Pariwisata maupun Pendidikan. “•aya bersyukur dengan terbentuk sendiri, maka regulasinya makin jelas. Pemajuan kebudayaan juga makin terkonsep,” tuturnya.

Sementara itu, penasihat DKKP, Ki Bagong Sabdo Sinukarto, menambahkan bahwa hadirnya Dinas Kebudayaan yang berdiri tunggal bakal membawa angin segar bagi seniman-budayawan yang ada.

“Mari kita kawal hasil munas ini bersama-sama sambil terus berkarya. Karena bagaimanapun kondisinya, seorang seniman-budayawan wajib terus menghasilkan karya,” tutupnya. (rfz/gus).

Artikel ini telah dibaca 26 kali

Baca Lainnya

Pemkab Trenggalek Juara 1 LMSI Tingkat Provinsi Jatim 2024

20 Juli 2024 - 20:33 WIB

Jemaah Haji Masih Dirawat di Rumah Sakit Saudi Tetap Jadi Tanggung Jawab Pemerintah Indonesia

20 Juli 2024 - 17:21 WIB

Hari Bhakti Adhyaksa ke-64, Kejari Gelar Senam Bersama dan Pasar Murah

20 Juli 2024 - 16:48 WIB

Makna Mendekat

20 Juli 2024 - 08:57 WIB

6.610 Petani Tembakau di Probolinggo Sumringah Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan

19 Juli 2024 - 20:06 WIB

Bersinergi dengan Dishub, MPM Honda Jatim Kampanyekan #Cari_Aman untuk Pelajar di Moment MPLS 

19 Juli 2024 - 19:43 WIB

Trending di Kabar Otomotif