Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Headline News · 23 Jul 2015 19:46 WIB ·

Cuaca Buruk, BPBD Himbau Warga Tidak Lakukan Tradisi Perahonan


Cuaca Buruk, BPBD Himbau Warga Tidak Lakukan Tradisi Perahonan Perbesar

Panggungrejo (Kabarpas.com) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan menghimbau para warga di wilayah setempat, untuk sementara waktu tidak melakukan aktifitas di laut. Itu menyusul adanya prakiraan BMKG Prigen yang menjelaskan bahwasanya saat ini hingga beberapa hari ke depan cuaca masih kurang bersahabat.

“Kami menghimbau agar kapal- kapal kecil termasuk kapal fery nelayan untuk tidak berlayar, karena cuaca masih buruk,” kata Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Permana kepada Kabarpas.com, Kamis, (23/07/2015).

Dijelaskan, daerah- daerah yang harus dihindari oleh kapal- kapal kecil dan nelayan adalah di semua wilayah yang berdekatan dengan pantai, yakni di pesisir Lekok, Nguling, Kraton dan Bangil. Oleh karenanya, dirinya menghimbau agar para nelayan untuk sementara mengurungkan niatnya melaut, baik mencari ikan, kerang atau aktifitas lain salah satunya yaitu Perahonan.

Perahonan sendiri merupakan salah satu tradisi warga Pesisir Pasuruan, dalam rangka memperingati hari raya ketujuh dari lebaran Idul Fitri, dengan cara mengajak warga untuk keliling di tengah laut menggunakan perahu.

“Kami juga menghimbau kepada warga yang tinggal di sekitar bibir pantai untuk tetap waspada dan hati-hati terhadap besar kecil kemungkinan terjadinya angin kencang. Kalau ada tanda-tanda yang mengarah pada bahaya, maka sebaiknya langsung melaporkan ke kadesnya masing-masing,” pungkasnya. (ajo/uje).

Artikel ini telah dibaca 11 kali

Baca Lainnya

PKS Trenggalek Siapkan Bacalon untuk Pilkada 2024

3 Mei 2024 - 12:44 WIB

Begini Kriteria Calon Wakil Bupati Tenggalek yang Dicari PDI-P

17 April 2024 - 21:25 WIB

Pastikan Kelancaran Pelayanan, Bupati Blitar Lakukan Inspeksi Mendadak ke Dinas Kesehatan

16 April 2024 - 17:43 WIB

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Wabup Asahan Sidak Pasar Pantau Harga

3 April 2024 - 23:00 WIB

Asyik, Ribuan PTK Non ASN di Kota Blitar Dapat Bingkisan Lebaran dari Walikota Blitar

31 Maret 2024 - 14:44 WIB

Pembangunan Tahap Dua Alun-alun Kota Blitar Segera Dimulai, Alokasi Anggaran Capai Rp 1,5 M

30 Maret 2024 - 15:32 WIB

Trending di Kabar Terkini