Bangunan Heritage Memikat

Catatan Jurnalis Kabarpas di Australia

Edisi jalan-jalan keliling dunia kali ini, tim Kabarpas.com beserta tim Ayo Piknik berkesempatan untuk mengeksplore benua terkecil di dunia yakni Australia.

Sudah bukan rahasia umum jika Australia merupakan kawasan yang memiliki pesona wisata yang tak kalah menarik dari negara lainnya. Mulai dari wisata buatan seperti sea worldnya, wisata heritage dengan berbagai jembatan tua hingga bangunan kunonya serta tak ketinggalan wisata alamnya yang unik dan menakjubkan. Berikut ulasan dari jurnalis Kabarpas di Australia.

——————————————————————–
Oleh : Memey Mega, Redaktur Pelaksana Kabarpas dari Melbourne, Australia
——————————————————————–

KABARPAS.COM – DIKENAL sebagai negara kangguru, Australia menyimpan banyak destinasi yang indah dan menakjubkan. Nah, kali ini Kabarpas.com bersama tim ayo piknik berkesempatan untuk mengunjungi negara ini. Dan kota yang kita kunjungi pertama kali yakni Kota Melbourne yang merupakan salah satu kota terbesar di Australia.

Di kota ini, selain kawasan metropolitan, di sini juga terdapat beberapa pantai yang tidak kalah eksotis dengan Indonesia. Seperti pantai Brighton, Melbourne yang memadukan keindahan pantai dengan warna warni rumah yang terlihat unik dan instagramable.

Brighton Beach berlokasi di sebelah selatan pusat Kota Melbourne, St. Kilda. Di sini juga terdapat dermaga populer dan pantai ini berada di City of Bayside — jaraknya 17 km dari Port Phillip Bay. Nah, jika rumah warna warninya ini terletak di Dendy Street Beach, Brighton, Victoria.

Pertama kali memasuki pantai ini, kita akan disuguhkan dengan pemandangan pantai yang tenang. Di musim panas, banyak orang berdatangan untuk berenang. Namun karena terbiasa di pantai tropis yang air pantainya sedikit hangat, sehingga menurut kita air di pantai ini cukup dingin jika harus berenang walaupun di musim panas.

Selain itu, di pinggiran pantai juga terdapat rumah warna warni yang menyegarkan mata. Berbeda dengan kampung warna warni di Kota Malang, rumah ini tersusun rapi dengan style yang sama. Biasanya orang datang dan menyewa rumah ini untuk berpesta di pinggir pantai. Sangat menakjubkan jika melihatnya dari jauh. rumah kayu warna warni ini dinamakan Bathing Box.

Dilansir dari beberapa artikel, ternyata rumah warna warni ini sudah ada sejak abad 18 dan digunakan sebagai tempat ganti baju untuk wanita yang sedang rekreasi di pantai Brighton. Dan saat ini, pemerintah setempat sudah menjadikan Bathing Box sebagai objek wisata.

Masih dilansir dari media lokal, pantai ini memiliki 82 Bathing Box atau rumah warna warni. Bahkan, dulu sempat berjumlah 1.860 Bathing Box yang memanjang hingga ke Port Phillip Bay dan Western Port, tapi akibat diterjang badai sehingga banyak bangunan yang rusak dan hanya menyisakan di kawasan Brighton Beach.

Ada aturan juga tentang pengecetan dan modifikasi. Rumah-rumah kecil ini tidak boleh dicat dengan menampilkan merek atau usaha tertentu, tidak boleh dipakai beriklan, dan tidak boleh dimodifikasi melebihi ruang yang disediakan. Selain itu, tidak boleh digunakan sebagai tempat usaha, misalnya dijadikan warung kelontong apalagi warung nasi pecel.

Nah, itulah sedikit artikel tentang wisata yang ada di Australia. Dan tunggu artikel -artikel lainnya tentang destinasi wisata dari kota dan negara lainnya hanya di rubrik khusus Kabarpas Keliling Dunia bersama Ayo Piknik. (Bersambung).