Cara Unik Pemuda asal Probolinggo Ajak Warga Pelosok Cegah Covid Lewat Buku

Laporan: Pujo Wahono, Wartawan Kabarpas Biro Probolinggo

KABARPAS.COM – TERIK matahari yang begitu menyengat seakan tak membuat semangat pemuda ini berhenti. Bahkan, dengan cucuran keringat yang membasahi tubuhnya, Muhamad Amir Hamzah rela berkeliling desa demi meminjamkan buku untuk warga yang tinggal di pelosok.

Ia rela berkeliling ke pelosok desa tidak hanya sekedar meminjamkan buku melainkan juga memberikan edukasi tentang sadar membaca kepada anak anak, ibu rumah tangga bahkan remaja.

Dengan menaiki motor yang berisi ratusan buku, mahasiswa semester VII ini berkeliling ke desa terpencil yang ada di wilayah setempat.

Sesampainya di desa yang dituju, Amir membagikan buku untuk dibaca agar masyarakat paham pengetahun. Buku-buku yang dipinjamkan ke masyarakat sebagai referensi informasi ini dia dapatkan dari donatur, dan sebagian dia beli sendiri

“Masyarakat agar melek pengetahuan, karena di desanya minim jangkauan internet, dan pelosok jauh dari jangkauan perpustakaan, “ ujar Muhamad Amir Hamzah kepada Kabarpas.com.

Pria yang saat ini masih berusia 22 tahun tersebut mengatakan bahwa kegiatan sosialnya itu ia namakan Taman Baca Ilahi. Amir berharap meski tidak ada internet , dengan membaca masyarakat melek informasi, serta pengetahuannya agar bermanfaat bagi masyarakat dan khususnya anak-anak.

“Diharapkan masyarakat melek informasi , pengetahuan agar bermanfaat bagi masyarakat khusunya anak-anak yang masih sekolah,“ tambahnya.

Menurut pemuda asal Desa Bayeman, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo tersebut, dimasa pandemi Covid 19 ini pengetahuan serta cara penananganan Covid ke masyarakat luas lebih bisa dipahami dengan cara membaca buku.

“Dengan membaca masyarakat paham apa itu Covid 19, dampaknya, serta upaya pencegahanya. Pengetahuan masyarakat yang terus bertambah , upaya pemerintah untuk masyarakat dalam memerangi Covid 19 bisa lebih maksimal lagi,” terangnya.

Sementara Anisa (20) salah satu warga mengatakan, dirinya paham tentang covid 19 dari membaca buku, untuk meminimalisir penularan Covid 19 adalah dengan cara yaitu disiplin prokes 5 M (disiplin memakai masker, sering mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi aktivitas di luar rumah) dan vaksinasi .

“Dari membaca buku, saat mas Amir datang ke desa saya ( Wonomerto.red) untuk meminjamkan bukunya,“ ujar Anisa.

Anisa menambahkan, vaksinasi adalah salah satu upaya pemerintah untuk memerangi korona, masyarakat yang sudah divaksin kekebalan tubuhnya meningkat dan bermanfaat dimasa masa sepeti ini.

“Ternyata vaksin bermanfaat untuk tubuh, dan kabar dari orang-orang kalau vaksin itu berbahaya ternyata tidak benar, hanya berita bohong saja,“ tutupnya. (***/Ainul Mustafidah).