Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

KABAR NUSANTARA · 9 Feb 2024 20:13 WIB ·

Bupati Trenggalek Mas Ipin Resmikan Agroforestry Sukorejo, Begini Harapannya


Bupati Trenggalek Mas Ipin Resmikan Agroforestry Sukorejo, Begini Harapannya Perbesar

Trenggalek, kabarpas.com – Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin meresmikan Agroforestry yang terletak di Desa Sukorejo, Kecamatan Gandusari. Mas Ipin sapaan dia mengapresiasi upaya masyarakat setempat yang telah mengubah lahan bekas tambang menjadi lahan produktif yang mampu memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Mas Ipin mengatakan, apa yang dilakukan oleh masyarakat Desa Sukorejo diharapkan bisa memberikan contoh masyarakat lain untuk melakukan hal yang sama.

“Menjaga ekologi itu juga bisa memberikan dampak ekonomi. Ini artinya, nanti bagaimana ekonomi dan ekologi bisa berjalan beriringan, “ucapnya.

Mas Ipin menuturkan, dalam upaya melestarikan lingkungan, masyarakat bisa membuka peluang ekonomi yang bermanfaat.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Dirjen dan juga PLN Nusanrara Power serta semua pihak swasta yang terkait yang telah memberikan CSR nya. Sekali lagi terima kasih, karena telah menyemangati masyarakat. Tak terkecuali masyarakat Desa Sukorejo, Kecamatan Gandusari, “imbuhnya.

Ditambahkan dia, dipilihnya lahan bekas tambang adalah sebagai simbul di mana perekonomian dulu diasosiasikan dengan perekonomian yang merusak, yang degeneratif, Sedangkan yang ini merupakan bagian dari degeneratif ekonomi.

“Dulu ada anggapan jika lahan bekas tambang tidak ada manfaatnya atau lahan yang tidak bernilai. Karena ditambang saja sudah tidak ada mineralnya atau batunya. Tapi faktanya sekarang bisa menjadi kampung budaya dan kampung wisata, “tandasnya.

Selanjutnya, dia berharap kedepannya bekas-bekas lubang tambang bisa dijadikan, embung, sumber protein dan sumber ekonomi.

“Ini bisa dijadika contoh jika mengerjakan itu sudah ada hasilnya atau buktinya. Jadi menjaga lingkungan itu pasti ada rezeki dan rezekinya akan nurut, “tukasnya.

Sementara itu, lanjut dia, untuk BUMDes TPS 3R termasuk BUMDes yang ada pembenihannya.

“Kedepan kita akan aktivasi dengan atraksi. Jika melihat tempatnya saja tentu kurang maka akan kita pertajam dengan atraksi dan festival-festival yang natinya akan kita kolaborasikan dengan desa-desa wisata, “ungkapnya.

Orang nomer satu di Kabupaten Trenggalek ini mengakui jika sulitnya meyakinkan masyarakat bahwa lahan bekas tambang bisa dimanfaatkan dan bernilai ekonomi. “Butuh waktu. Tempat ini sudah dirintis 2 tahun dan sekarang sudah kelihatan bentuk serta manfaat bagi masyarakat sekitar, “tutupnya (ags/Sumber Prokopim Kabupaten Trenggalek).

Artikel ini telah dibaca 16 kali

Baca Lainnya

Pemkab Trenggalek Juara 1 LMSI Tingkat Provinsi Jatim 2024

20 Juli 2024 - 20:33 WIB

Jemaah Haji Masih Dirawat di Rumah Sakit Saudi Tetap Jadi Tanggung Jawab Pemerintah Indonesia

20 Juli 2024 - 17:21 WIB

Hari Bhakti Adhyaksa ke-64, Kejari Gelar Senam Bersama dan Pasar Murah

20 Juli 2024 - 16:48 WIB

Makna Mendekat

20 Juli 2024 - 08:57 WIB

6.610 Petani Tembakau di Probolinggo Sumringah Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan

19 Juli 2024 - 20:06 WIB

Bersinergi dengan Dishub, MPM Honda Jatim Kampanyekan #Cari_Aman untuk Pelajar di Moment MPLS 

19 Juli 2024 - 19:43 WIB

Trending di Kabar Otomotif