Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Politik & Pemerintahan · 12 Agu 2014 04:24 WIB ·

Bupati Pasuruan Puji Suku Tengger, Karena Rajin Bayar Pajak


Bupati Pasuruan Puji Suku Tengger karena Rajin Bayar Pajak Perbesar

Bupati Pasuruan Puji Suku Tengger karena Rajin Bayar Pajak

Tosari (kabarpas.com) – Ribuan warga suku Tengger yang bermukim di lereng Gunung Bromo,  tepatnya di Wilayah Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan menggelar Resepsi Perayaan Yadnya Kasada 1634 Saka, Selasa  (12/08/2014) malam.

Resepsi itu sendiri adalah salah satu rangkaian dari perayaan hari raya Kasada yang digelar sebelum ritual inti di Pura Luhur Poten dan kemudian dilanjutkan sesaji hasil bumi di bibir kawah Gunung Bromo. Acara yang digelar di Pendopo Agung, Desa Wonokitri, kecamatan/kabupaten setempat itu dihadiri oleh Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf beserta Forpimda (Forum Pimpinan Daerah) setempat, dan juga ribuan warga suku Tengger yang ada di lereng gunung Bromo wilayah tersebut.

Dalam acara  itu, dimeriahkan dengan sejumlah tarian, diantaranya tarian Remo khas suku Tengger yang ditampilkan oleh para siswi SMP Negeri 1 Tosari. Selain itu, juga terdapat penampilan tari dari Dasa Wisma ibu-ibu Tosari yang diiringi dengan lagu berjudul Pasuruan Gumuyu karya Bupati Pasuruan, serta penampilan tarian Bale Ganjur yang menceritakan mengenai Untung Suropati.

Tak ketinggalan, sejumlah penjabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, mendapat penghormatan untuk dikukuhkan sebagai tokoh adat Tengger oleh dukun adat setempat. Para penjabat yang dimaksud itu diantaranya yaitu; Wakil Ketua DPRD, Asisten 3 Pemkab Pasuruan, Danramil Tosari, Dandim, Kapolres, dan Pimpinan Bank Jatim. Pengukuhan warga kehormatan ini, sekaligus ditandai dengan penyematan udeng, yakni ikat kepala khas Suku Tengger.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf tak henti-hentinya memuji warga Suku Tengger setempat, yang selama ini sudah rajin membayar pajak bumi dan bangunan (PBB), sebelum jatuh tempo. Itu terbukti bahwa saat ini Suku Tengger mendapat predikat sebagai warga terbaik se-Kabupaten Pasuruan yang rajin membayar pajak. “Saya sangat apresiasi dengan warga Tengger yang selama ini selalu rajin bayar pajak dengan tepat waktu,” ujar pria yang akrab disapa Gus Irsyad tersebut.

Selain itu, Irsyad juga menyampaikan kebanggaannya pada masyarakat Tengger yang selama ini teguh menjalankan tradisi nenek moyang mereka tersebut hingga sekarang. “Mulai saat ini dan tahun-tahun yang akan datang setiap ada acara di Tengger, semua pejabat di Pemkab Pasuruan wajib memakai udeng khas Tengger. Itu sebagai wujud kebanggaan kami warga Kabupaten Pasuruan,” pungkasnya. (ajo/sym).

Artikel ini telah dibaca 19 kali

Baca Lainnya

PKS Trenggalek Siapkan Bacalon untuk Pilkada 2024

3 Mei 2024 - 12:44 WIB

Begini Kriteria Calon Wakil Bupati Tenggalek yang Dicari PDI-P

17 April 2024 - 21:25 WIB

Pastikan Kelancaran Pelayanan, Bupati Blitar Lakukan Inspeksi Mendadak ke Dinas Kesehatan

16 April 2024 - 17:43 WIB

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Wabup Asahan Sidak Pasar Pantau Harga

3 April 2024 - 23:00 WIB

Asyik, Ribuan PTK Non ASN di Kota Blitar Dapat Bingkisan Lebaran dari Walikota Blitar

31 Maret 2024 - 14:44 WIB

Pembangunan Tahap Dua Alun-alun Kota Blitar Segera Dimulai, Alokasi Anggaran Capai Rp 1,5 M

30 Maret 2024 - 15:32 WIB

Trending di Kabar Terkini